SEMANGAT PRAMUKA

Penulis : yunus | Sat, 2 April 2016 - 00:10 | Dilihat : 546

Ketika salah satu kelompok memperdengarkan yel yel yang berbunyi “KAMI REGU ANGREK, SOPAN, BERKARYA, CERIA SENANG MELAKUKAN KEGIATAN HUKUMAN ITU BIASA, REGU ANGREK BERANI TAMPIL BEDA.  Pada persari kali ini dari yel-yel ini jelas siaga dan penggalang pramuka  SDK Makedonia begitu berani mengatakan bahwa mereka siap dididik dan menaati permintaan Pembina. Persari kali ini bertema; “SATUKAN SEMANGAT” yang diadakan yang diadakan tepatnya 20 Nopember 2015 , kegiatan ini diikuti oleh seratusan siswa SD dari kelas tiga sampai kelas enam acara kali ini dimulai dengan upacara pembukaan yang dipimpin langsung oleh Kamabigus kepala sekolah Lisa Ludang, S.Sos., selain itu juga tambil bersama beberapa Pembina lainnya yang terlihat sudah siap untuk melatih anak-anak dalam persari ini.

Acara Persari kali ini diketuai oleh Mayasari Hutapea,upacara pembukaan dilaksanakan tepat pada pukul 07.00 WIB pagi dan dilanjutkan dengan pemasangan tenda di BUPER (Bumi Perkemahan) Sekolah Kristen Makedonia, setelah pemasangan tenda para siswa melanjutkan masak memasak dengan kelompoknya masing-masing. Dalam hal bukan hanya tenda yang alami yaitu terbuat dari kayu namun juga dalam  hal masak memasakpun terlihat  alami. Dengan bermodal bahan yang dibawa dari rumah dan korek api  anak-anak bisa memasak dengan baik. Wah…. Kali ini, Pembina tidak banyak terlibat ternyata anak-anak SD Makedonia sudah bisa menanak nasi dan memasak sayur sendiri. Bahkan terlihat dari kejauhan para Pembina juga terlihat asik memasak makanan untuk siang hari seakan berlomba dengan para siswa. Sesekali kaka-kaka Pembina mengambil foto sebagai dokumen dan sesekali juga kaka Pembina memandu tepuk pramuk tujuan supaya anak-anak lebih semangat lagi melakukan masak-memasak.

Ada pun tujuan persari kali yaitu memngingat anak-anak masa kini sangat tidak senang bersosialisasi dan hanya ingin bermain dengan hp pintar mereka dan alat elektronik lainnya. Maka persari kali ini dirancang sedemikian rupa dengan tujuan melatih anak –anak dalam bersosial dengan membentuk kelompok. Contoh sederhana melatih keterampilan dan sosianya yaitu dengan adanya memasak bersama kelompok masing-masing. Mengingat sekarang banyak anak yang tidak bisa memasak.

Bukan hanya itu saja yang menjadi tujuan dari persari kali ini, tujuan persari kali ini  juga melatih kemandirian siswa dalam hal mengatur dirinya. Awalnya kakak-kakak Pembina ragu untuk melakukan persari ini, karena anak kelas tiga harus ikut, namun ketika dijalani hasilnya sangat memuaskan bagi Pembina. Ternyata anak-anak Makedonia terdiri dari anak-anak yang mandiri dan tidak cengeng, hal tersebut terlihat dari persiapan barang yang dibawa dari alat masak sampai botol minum yang mereka bawa, tidak satupun yang ketinggalan dan tercecer, sehingga sikap mereka tidak merepotkan Pembina.

Dalam hal melatih mental, Pembina menyediakan pos yang khusus untuk melatih mental, ditengah teriknya matari, serta panasnya alam Kalimantan. Hari itu, tidak ada tanda-tanda turunya hujan, yang ada hanylah terangnya sinar matari. Kali ini kaka-kaka Pembina menyediakan 5 pos yang masingmasing pos bertujuan melatih anak-anak. Dari sekian pos yang ada; 2 pos dikhususkan untuk melatih mental. Pos tersebut yaitu pos mental yang pertama dipimpin oleh ka Melkisedek dan ka Feby dan pos kedua dipimpin oleh ka Yasonta. Kedua pos ini bukan hanya melatih mental namun juga melatih fisik anak-anak dan dikenal pos yang sangat berat. Dipos inilah metal dan energi akan terkuras.

Pos ini terletak di waduk dan satunya lagi di lapangan sepak bola yang baru beberapa bulan lalu diselesaikan pengerjaannya. Di tempat inilah letaknya pos tiga dan pos empat, bayangkan saja ditengah sulitnya medan/rute persalanan dari pos satu k epos lainnya. Anak-anak harus melewati kayu-kayu besar dan rumput-rumput yang tidak bersahabat dengan mereka. Dan ketika sampai di pos tiga yang tempatnya sangat panas , mereka harus menyelesaikan tantangan yang diberikan oleh Pembina pos tiga yaitu ka Melki dan ka Feby demikian halnya dipos yang letaknya dilapangan bola tempat yang sangat panas namun anak-anak dapat menyelesaikan tantangan dengan sempurna. Demikian sekilas tentang persari SDK Makedonia. ……. By JUKI (Alumni)

Lihat juga

jQuery Slider

Komentar

Top