Karya Wisata SMP Kristen Makedonia

Penulis : Redaksi | Thu, 30 November 2017 - 12:03 | Dilihat : 28
foto-bersama-di-keraton-ismahyana.jpg

Makedonia Voice- Sekolah Kristen Makedonia mengadakan karya wisata  ke Keraton dan Rumah Radangk di Ngabang, kabupaten Landak, pada Sabtu, (18/11/2017). Kegiatan ini dijalankan sesuai dengan program yang telah buat oleh pihak sekolah. Karya wisata yang dikhususkan untuk siswa-siswi baru kelas VII ini bertujuan agar para pelajar itu dapat mengenal adat dan budaya di lingkungannya sendiri.

 

Tepat pukul 07.00 seluruh siswa-siswi kelas VII berkumpul di parkiran SD Kristen Makedonia untuk mendengarkan arahan dari guru pembimbing, Ibu Harya Oktaviani, setelah itu, tepat pukul 07.15, seluruh siswa-siswi kelas VII berangkat menggunakan truck. Adapun guru yang ikut mendampingi para siswa-siswi antara lain: Bapak John Wesly, Ibu Merrysna Nadeak, Ibu Any Widyastuti, Ibu Hana Grace, Bapak Kristianus Yopi, Ibu Harya Oktaviani, dan Bapak Septianus Imran.

 

Setelah kurang lebih 15 menit perjalanan akhirnya para siswa-siswi sampai di Keraton Ismahyana, Ngabang, Kabupaten Landak. Seluruh siswa-siswi langsung diarahkan untuk masuk dan mencari informasi lewat berbagai barang-barang peninggalan yang ada di dalam Keraton. Antusias siswa-siswi terlihat dari semangat dan keseriusan mereka dalam mencari dan mencatat informasi yang ada. Setelah kurang lebih 20 menit berlalu, semua siswa-siswi diminta untuk berkumpul di ruang utama keraton untuk mendengarkan pengarahan dan penjelasan singkat dari bapak Gusti Hermansyah dan Bapak Syarif selaku pengurus keraton Ismahyana.

 

Lihat Foto-Fotonya Di Sini

 

Bersama para guru pendamping, seluruh siswa-siswi mendengarkan penjelasan sekilas tentang keraton. Bapak Gusti menjelaskan bahwa Keraton Ismahyana merupakan keraton peninggalan Raden Sumantari Ningrat, Putra tertua raja Brawijaya Angkawijaya, raja kerajaan Majapahit pada abad ke 18. Tidak hanya mendengarkan penjelasan, siswa-siswi juga diberi kesempatan untuk bertanya kepada pengurus Keraton. Selain menambah pengetahuan mereka, hal tersebut juga bertujuan agar siswa-siswi dapat melengkapi tugas-tugas yang diberikan guru terkait. Setelah selesai mendengarkan pengarahan, siswa-siswi mendapat kesempatan untuk mengunjungi makam raja-raja yang terletak kurang lebih 200 meter dari lokasi Keraton.

 

Sekembali dari makam raja, seluruh siswa-siswi bersama guru pendamping kembali dan bersiap untuk menuju ke “Rumah Radangk Aya” yang terletak tak jauh dari lokasi Keraton. Sebelum berpindah lokasi, seluruh guru yang diwakili oleh Bapak John Wesly memberikan kenang-kenangan sebagai tanda terima kasih kepada pengurus Keraton yang telah memberikan kesempatan berkunjung.

 

Kurang lebih pukul 10.15, rombongan berangkat menuju rumah Radangk yang terletak tidak jauh dari keraton. Sesampai di sana, siswa-siswi melanjutkan rekreasi mereka sambil mencari informasi berkaitan dengan tugas yang diberikan oleh guru. Setelah cukup lama berada di Rumah Radangk, seluruh siswa-siswi beserta guru SMP Kristen Makedonia berkumpul untuk berfoto bersama sebelum pulang ke kompleks sekolah.

 

Sumber: Suara Makedonia

Lihat juga

jQuery Slider

Komentar

Top