Kegiatan

Iman Kristen Dan Pancasila Di HUT SKM Ke-16

Penulis : Redaksi | Tue, 23 January 2018 - 17:57 | Dilihat : 371
Tags : Hut Skm Ke16 Iman Kristen Pancasila
Suasana perayaan HUT SKM yang diselenggarakan di Landak Multi Purpose, Ngabang, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat, Jumat (19/01/2018). Foto. Nick.

Suara Makedonia, Ngabang- Sekolah Kristen Makedonia (SKM) yang merupakan sekolah dengan konsep membangun sumber daya manusia dari pedesaan, kembali merayakan Hari Ulang Tahunnya (HUT) yang ke-16 pada Jumat (19/01/2018) lalu. Acara itu dilaksanakan di Landak Multi Purpose Hall yang terletak di Desa Amboyo Inti Plasma V, Kec. Ngabang, Kab. Landak, Kalimantan Barat. Tema yang diusung pada HUT ke-16 SKM itu adalah Iman Kristen dan Pancasila. Dikatakan oleh Pdt. Bigman Sirait bahwa, korelasi antara iman Kristen dan Pancasila sangatlah erat.

"Tuhan tidak menyuruh kita hanya mencintai orang Kristen saja, tetapi semua umat manusia. Konteks iman Kristen terkait dengan Pancasila adalah Kasih. Oleh karenanya Kasih kepada sesama haruslah menjadi perilaku bagi setiap orang yang percaya padaNya. Pancasila merupakan intan permata bangsa Indonesia yang mencerminkan Kasih itu sendiri. Sebagai warga negara Indonesia dan sebagai seorang pengikut Kristus, Pancasila haruslah diterapkan dalam perilaku sehari-hari. Keadilan sosial harus merata tidak memandang latar belakang orang, Kasih juga demikian tidak membeda-bedakan seseorang, ia tulus. Oleh karena itu pendidikan karakter merupakan poin penting yang dijalankan di SKM. Menjadi murid sejati beriman teguh, berilmu tinggi dan berkarakter terpuji," demikian pernyataan dari pendiri SKM, Pdt. Bigman Sirait dihadapan ratusan tamu undangan yang hadir termasuk para perwakilan maupun para pemimpin daerah Kabupaten Landak.

Foto: Semarak HUT Ke-16 Sekolah Kristen Makedonia

Pancasila yang merupakan ideologi bangsa merupakan bentuk pengajaran, gagasan dan keyakinan sebagai acuhan tingkah laku masyarakat Indonesia dalam berbagai bidang kehidupan, baik di bidang politik, ekonomi, hukum, pertahanan keamanan, Sosial, Kebudayaan, keagamaan, maupun Pendidikan.  Tujuan Pendidikan Pancasila oleh beberapa sumber dikatakan, untuk mengarahkan perhatian pada moral yang diharapkan terwujud dalam kehidupan sehari-hari, baik secara perilaku yang memancarkan iman terhadap Tuhan Yang Maha Esa dalam masyarakat yang terdiri atas pelbagai golongan agama, kebudayaan, dan ragam kepentingan lainnya, perilaku yang mendukung kerakyatan yang mengutamakan kepentingan bersama di atas kepentingan perorangan dan golongan sehingga perbedaan pemikiran diarahkan pada perilaku yang mendukung upaya terwujudnya keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Hal ini senada dengan makna dari tema HUT SKM ke-16.

SKM yang bernaung di bawah Yayasan MIKA merupakan komplek persekolahan yang ada di Desa Plasma V, Ngabang, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat. Dengan Motto sekolah, menjadikan siswa sejati, beriman teguh, berilmu tinggi dan berkarakter terpuji telah terbukti berhasil meluluskan ratusan siswa-siswi berprestasi. Ada pula lulusan SKM yang mendapatkan beasiswa penuh. Mereka yang mendapatkan beasiswa, melanjutkan studi di pelbagai Universitas baik di Jakarta, Bandung maupun Universitas yang ada Kalimantan Barat. Tidak hanya menimba ilmu pengetahuan sebagaimana sekolah pada umumnya, SKM secara konsisten membangun siswa didiknya sesuai dengan iman kekristenan yang Pancasilais. 

 

Lihat juga

Komentar


Group

Top