Kegiatan

PAUD Dan SD Sekolah Kristen Makedonia Gembira Dapat Bingkisan

Penulis : Redaksi | Thu, 8 March 2018 - 15:29 | Dilihat : 216
Foto: Kelas Jurnalistik Siswa SKM

Makedonia Voice, Ngabang- Kegembiraan mewarnai anak-anak usia dini (PAUD) dan siswa-siswi SD Sekolah Kristen Makedonia, Ngabang, Landak, Kalimantan Barat hari ini (Kamis, 08/03/2018). Pasalnya, anak-anak PAUD dan para murid SD dari sekolah unggulan di pedesaan itu mendapatkan bingkisan dari seorang donatur, berupa seperangkat alat perlengkapan sekolah seperti kontak pensil, buku, tas dan sebagainya. 

 

Ada sekitar seratusan bingkisan yang diberikan oleh seorang donatur yang tidak menyebutkan namanya itu. Selain sebagai penunjang prestasi bagi anak didik di kompleks Sekolah Kristen Makedonia, pemberian bingkisan seperti buku, pensil, penghapus dan tas, sangat bagus untuk mendorong kreativitas anak-anak. Hal ini (pemberian bingkisan), oleh beberapa pengamat pendidikan dianggap juga sebagai salah satu metode mendidik anak dengan memberikan reward sebagai bentuk pujian bagi prestasi dan motivasi para anak didik.

 

Dokumentasi Foto Saat Terima Bingkisan

 

Pemberian hadiah dan pujian merupakan reward atau penghargaan atas perilaku baik yang dilakukan anak. Hal ini sangat diperlukan dalam hubungannya dengan minat dan penerapan disiplin pada anak. Reward atau penghargaan memiliki tiga fungsi penting dalam mengajari anak berperilaku yang disetujui secara sosial. Fungsi yang pertama ialah memiliki nilai pendidikan. Yang kedua, pemberian reward harus menjadi motivasi bagi anak untuk mengulangi perilaku yang diterima oleh lingkungan atau masyarakat. Melalui reward, anak justru akan lebih termotivasi untuk mengulangi perilaku yang memang diharapkan oleh masyarakat. Fungsi yang terakhir ialah untuk memperkuat perilaku yang disetujui secara sosial dan tiadanya penghargaan melemahkan keinginan untuk mengulangi perilaku tersebut. Dengan kata lain, anak akan mengasosiasikan reward dengan perilaku yang disetujui masyarakat.

 

Sumber: Suara Makedonia

Lihat juga

Komentar


Group

Top