Kegiatan

Ujian Nasional Berbasis Komputer SMA Kristen Makedonia

Penulis : Redaksi | Tue, 10 April 2018 - 15:56 | Dilihat : 226
Tags : Sma Ujian
Siswa SMA Kristen Makedonia Beserta Pengawas UNBK

Terkait


Suara Makedonia.

Senin, 9 April 2018 menjadi hari pertama dilaksanakanya UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) di seluruh penjuru Indonesia, khususnya bagi SMA yang telah siap. Dari 11.346 sekolah yang ada di seluruh Indonesia (dikutip dari laman unbk.kemdikbud.go.id), SMA Kristen Makedonia merupakan salah satu sekolah yang juga siap dan mengikuti UNBK tahun ajaran 2017/2018. Dari 1.394.862 peserta yang mengikuti UNBK, 85 peserta diantaranya merupakan siswa-siswi SMA Kristen makedonia.

            UNBK bukanlah hal yang asing lagi bagi SMA Kristen Makedonia mengingat tahun 2018 ini menjadi kali ke-2 SMA Kristen Makedonia melaksanakan UNBK. Berbagai persiapan telah dilaksanakan termasuk 2 simulasi sebelumnya. Adapun simulasi ke-2 dilaksanakan pada tanggal 20 – 22 Februari 2018. Sedangkan simulasi ke-3 (gladi bersih) dilaksanakan secara serempak dari tanggal 5 – 7 Maret 2018. Beberapa kendala yang sempat ditemui pada saat pelaksanaan simulasi antara lain beberapa PC yang sering mati secara tiba-tiba. Ada juga kendala lain berupa beberapa PC yang sering Log out. Setelah diselidiki oleh proktor (orang yang mengendalikan server di satu sekolah) dan teknisi, ternyata penyebab hal tersebut ialah adanya kesalahan pemasangan kabel lan pada switch. Setelah dibenahi, kendala tersebut tidak lagi muncul pada hari berikutnya.

            UNBK tingkat SMA/sederajat diseluruh Indonesia tahun 2018 secara serempak dilaksanakan mulai dari tanggal 9 – 12 April 2018. Adapun mata pelajaran yang diujikan antara lain Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan mata pelajaran pilihan. Adapun penanggung jawab pada hari pelaksanaan UNBK di masing-masing sekolah ialah proktor dan teknisi. Di SMA Kristen Makedonia sendiri, posisi proktor dipercayakan kepada Bpk. Irwansyah, S.Pd., B.Sc. Sedangkan posisi teknisi dipercayakan kepada Bpk. Leonard Agustinus, S.Kom.

            Seperti disebutkan sebelumnya, total peserta dari SMA Kristen Makedonia yang mengikuti UNBK tahun 2018 berjumlah 85 peserta. Dari 85 peserta, 32 diantaranya laki-laki dan 53 perempuan. Total PC yang digunakan berjumlah 25 PC, sisanya menggunakan laptop siswa. Untuk pengaturan sesi sendiri dibuat menjadi 2 sesi dalam 1 hari mengingat keterbatasan server dan PC yang digunakan. UNBK tersebut dilaksanakan di ruang LAB TIK (ruang 1 & 2) Sekolah Kristen Makedonia.

            UNBK hari pertama dihadiri oleh 4 pengawas dari luar, yaitu Fortuna Yeni, S.Pd., Imamul Huda, S.Pd., Juandri Toding Lamba, S.Si., dan Lituhayu Handayani, S.Pd. Selain 4 pengawas yang disebutkan di atas, pelaksanaan UNBK juga dihadiri oleh perwakilan dari kepolisian, yaitu BRIPKA Susanto Atung dan BRIGPOL Suryono Hermanto. Bapak Dolsius selaku perwakilan yayasan juga turut hadir pada hari pertama pelaksanaan UNBK SMA Kristen Makedonia. Alhasil pelaksanaan berjalan “Lancar, tertib, aman, dan terkendali”, begitulah ujar proktor, bapak Irwansyah, S.Pd., B.Ed.

Lihat juga

jQuery Slider

Komentar


Group

Top