PENTINGNYA MENGHARGAI WAKTU SEBAGAI REALISASI DISIPLIN HIDUP

Penulis : Redaksi | Wed, 16 May 2018 - 07:38 | Dilihat : 126

-Suara Makedonia- Waktu adalah suatu hal yang sangat penting dalam hidup ini, karena waktu tidak dapat diulang kembali. Penyebab dari ketidakteraturan, biasanya terjadi karena pengaruh waktu yang tidak diatur. Hal menarik tentang merebut kembali waktu yang hilang dapat dilakukan dengan cara mengetahui irama keefektifan maksimum dan harus memiliki kriteria yang hati-hati untuk memilih bagaimana menggunakan waktu. Berdasarkan pengalaman selama bekerja di Sekolah Kristen Makedonia, seorang guru SMP (Sekolah Menengah Pertama) bernama Veronika Fitri Wanti Ema melihat satu hal yang menjadi pertanyaan yaitu bagaimana cara dirinya dapat memprioritaskan hal yang penting untuk dilakukan.

 

Kebanyakan orang yang tidak teratur merasa pekerjaannya buruk, segala sesuatu yang telah diselesaikan tidak disukai dan sukar untuk menerima pujian orang lain, bahkan ternyata orang yang tidak teratur jarang menikmati keintiman dengan Allah. Menyediakan waktu bersama Allah sangat berpengaruh dalam menjalani kehidupan. Dalam memulai aktivitas sehari-hari kita harus menyediakan waktu khusus untuk bersama Allah, begitu pula ketika kita sudah menjalani aktivitas sepanjang hari, harus ada waktu untuk bersukur atas segala hal yang telah kita alami. Jangan pernah menyisihkan waktu untuk Allah, melainkan harus menyediakan waktu untuk bersama Allah karena Allah adalah prioritas hidup manusia.

 

Pengalaman yang dialami oleh Veronika apabila tidak teratur dalam pengendalian waktu maka dirinya tidak akan menyukai pekerjaan dan bahkan banyak hal lainnya di luar dirinya. Dalam keadaan tidak teratur, ada rasa ketidaktenangan dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Hal yang menjadi pembelajaran yaitu waktu untuk bertindak adalah saat ini dan tidak ada kata terlambat untuk melakukan sesuatu. Semua orang memiliki jumlah waktu yang sama yaitu 24 jam, tetapi tidak semua orang dapat mengatur waktunya dengan bijak. Ketika tugas pekerjaan menumpuk, waktu 24 jam rasanya tidak cukup untuk menyelesaikannya, maka dari itu sebaiknya dilakukan perencanaan untuk menentukan pekerjaan manakah yang lebih penting dan harus diselesaikan terlebih dahulu. Tuhan telah memberikan waktu untuk dipergunakan dengan sebaik mungkin. Waktu yang tidak digunakan dengan baik merupakan suatu kerugian, karena waktu yang sudah dilalui tidak akan pernah diperoleh kembali.

 

Sebagai seorang pendidik  ada  beberapa hal yang harusnya diterapkan dalam mengatur waktu agar menjadi teratur dan disiplin sehingga dapat memberikan hasil yang berarti. Hal pertama yang harus dimiliki yaitu kriteria yang hati-hati untuk memilih bagaimana menggunakan waktu, menghargai setiap waktu yang ada dengan menghabiskan waktu sesuai kebutuhan saja, membuat rencana untuk hal-hal yang akan dilakukan dan membuat jadwal sebagai alat bantu manajemen waktu, sehingga waktu harus diatur dan ditata dengan baik. Selain itu, seorang pendidik harus mulai membiasakan diri untuk hidup disiplin dan tidak menunda pekerjaan, berusaha untuk selalu fokus agar semua pekerjaan sehingga dapat diselesaikan dengan baik. Dengan manajemen waktu yang baik dapat memudahkan dalam mengerjakan tugas dan tanggung jawab yang dipercayakan, karena manajemen waktu merupakan awal sebuah keberhasilan bagi masa depan. Dengan demikian kita tidak akan memikirkan waktu yang sudah berlalu, karena yang seharusnya menjadi penting bagi kita adalah saat ini melakukan sesuatu yang berarti, bukan hanya bagi diri sendiri melainkan bagi banyak orang.

 

Veronika Fitri Wanti Ema

Guru SMPK Makedonia

Lihat juga

jQuery Slider

Komentar

Top