Kegiatan

Sebuah Akhir Yang Menjadi Awal

Penulis : Redaksi | Thu, 17 May 2018 - 09:05 | Dilihat : 224
Tags : Kegiatan Kristen Pendidikan Perpisahan Sd

-Suara Makedonia- Siswa/i kelas VI (Enam) telah berhasil melewati sebuah perjuangan yang melelahkan, baik secara fisik dan juga pikiran. Dua hari setelah USBN (Ujian Sekolah Berstandar Nasional) berakhir, sebuah acara perpisahan dilaksanakan dengan gembira sekaligus haru. Bagi keluarga besar SDK (Sekolah Dasar Kristen) Makedonia, keberadaan siswa/i kelas VI saat ini mungkin menjadi yang terakhir. Walaupun, tidak menutup kemungkinan akan berjumpa lagi sesekali di luar sekolah. Karena itulah, adik-adik dari kelas III (Tiga), IV (Empat) dan V (Lima) pun telah menyiapkan persembahan penampilan untuk kakak-kakak kelas VI mereka, sebagai bentuk tanda kasih sayang dan ucapan terima kasih telah melewati waktu bersama selama beberapa tahun belakangan. Ada yang mempertunjukkan pantomime dengan tema persahabatan, ada musikalisasi puisi disertai lagu perpisahan, ada pula yang mempertunjukkan gerakan tari yang diiringi nyanyian. Suka dan duka telah dilewati bersama, tidak selalu gembira dan ceria, kadang ada pula pertengkaran dan tangisan tetapi itu semua diharapkan  menjadi sebuah kenangan indah bagi siswa/i yang akan pergi juga yang akan di tinggalkan.

 

Tidak hanya kepada adik-adik, siswa/i kelas VI juga memberikan kenang-kenangan secara khusus kepada pihak sekolah, ucapan terima kasih dan lagu "Hymne Guru" pun dinyanyikan dengan khusyuk dan syahdu oleh siswa/i kelas VI. Suasana berlangsung haru, karena akan berpisah secara fisik tetapi semua meyakini bahwa perpisahan ini bukanlah akhir tetapi awal yang baru bagi siswa/i kelas VI untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. Memulai kehidupan baru, suasana baru, tempat yang baru bukanlah sesuatu yang mudah, karena pasti dituntut untuk bisa cepat beradaptasi dilingkungan yang lebih kompleks dan dengan standar yang lebih tinggi. Doa para bapak ibu guru akan selalu menyertai, agar dimanapun berada para siswa/i kelas VI selalu berhasil dan sukses serta bisa menjadi berkat lewat kehidupannya, dan setiap bekal ilmu juga karakter yang telah bapak ibu guru berikan bisa mereka pergunakan untuk senantiasa memuliakan Tuhan.

 

Acara perpisahan yang dilaksanakan pada Jumat, 11 Mei 2018 lalu ini tidak selesai begitu saja. Keesokan harinya, tepat tanggal 12 Mei 2018 pada hari Sabtu acara perpisahan dengan siswa/i kelas VI yang biasanya dilaksanakan dilakukan di sekolah dengan menginap dua hari satu malam diganti dengan kunjungan ke sebuah tempat rekreasi, pemancingan ikan, di daerah Pahauman. Acara perpisahan kali ini tidak melibatkan semua siswa/i SDK Makedonia tetapi khusus hanya perpisahan kelas VI dengan para guru dan ikut serta pula para orang tua yang telah bekerja sama selama kurang lebih 6 tahun mempercayakan anak-anak mereka untuk dididik di SD Kristen Makedonia.

 

Kegiatan di awali dengan kata sambutan oleh kepala sekolah, Ibu Yully Wince Papilaya, yang sekaligus membuka acara, kemudian dilanjutkan dengan sesi foto bersama. Kegiatan selanjutnya diiisi dengan renungan Firman Tuhan oleh Pdt. Julius Mokolomban, dan juga lomba-lomba dan acara kebersamaan lainnya. Adapun beberapa perlombaan yang dilakukan adalah lomba kekompakan, dimana orang tua dan siswa menjawab pertanyaan yang sama, dan juga ada lomba makan cepat dimana orang tua saling berlomba menyuapi anak-anak kacang atom dengan sumpit, dan lomba terakhir tentu saja lomba memancing dengan beberapa kriteria yang telah ditetapkan oleh panitia. Acara pun diakhiri dengan pengumuman para pemenang lomba dan pengungkapan pesan dan kesan dari Ibu Christine Feby Silitonga sebagai wali kelas VI. Acara berlangsung seru dan hangat. Orang tua saling berbagi makanan dan cerita-cerita lucu yang pernah dilewati bersama. Walapun hanya sesaat, kiranya acara perpisahan selama dua hari ini bisa menjadi semangat bagi para siswa/i kelas VI untuk terus melanjutkan langkah kakinya menapaki rangkaian-rangkaian dan proses kehidupan untuk menuju masa depan cerah yang penuh harapan dan sesuai dengan kehendak Tuhan.  

 

Paruliana Mayasari Hutapea, S. Pd.

Guru SDK Makedonia

Lihat juga

jQuery Slider

Komentar


Group

Top