Progress

Hobi Yang Menjadi Prestasi

Penulis : Redaksi | Mon, 21 May 2018 - 09:28 | Dilihat : 219
Tags : Dasar Juara Makedonia Perlombaan Prestasi Sekolah Siswi

-Suara Makedonia- Sara Novita Sari, yang sering dipanggil Novi, merupakan salah satu siswi SDK (Sekolah Dasar Kristen) Makedonia yang duduk di kelas V (Lima). Siswi yang bertubuh mungil dan berambut panjang ini suka sekali membaca. Tidak hanya suka, membaca kini telah menjadi hobi Novi. Jika sedang berada di sekolah, salah satu tempat yang Novi sukai adalah perpustakaan. Tak jarang saat jam istirahat Novi lebih memilih membaca buku bersama sahabatnya, Cikha, Ruth, dan Owen. Selain membaca buku, Novi juga diminta untuk menjadi petugas perpustakaan.

 

Sudah banyak judul buku yang Novi baca. Dia suka membaca komik, novel, dan cerita rakyat. Menurut Novi dengan membaca ia bisa mendapatkan pesan moral dari cerita-cerita yang ia baca dan mengetahui cerita-cerita rakyat dari daerah lain. Selain itu dengan membaca buku Novi bisa mengimajinasikan apa yang ia baca dan hal itu membuatnya merasa senang.

 

Karena gemar membaca, Novi lebih mudah memahami isi bacaan dan bisa menceritakannya kembali dengan baik. Selain itu ia bisa mengekspresikan tokoh-tokoh dalam cerita yang ia baca. Dengan kemampuannya ini, Novi dipercayakan untuk mewakili SDK Makedonia untuk mengikuti lomba Bercerita yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupeten Landak. Lomba tersebut dilaksanakan tanggal 12-14 Mei 2018 di Aula Kecil Kantor Bupati Landak. Lomba ini diikuti oleh 13 (Tiga belas) peserta perwakilan dari seluruh kecamatan di Kabupaten Landak.

 

Tema lomba yang diambil oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Landak adalah “Melalui lomba bercerita kita tumbuh kembangkan cerita budaya lokal dalam pembentukan karakter dan inovasi kegemaran membaca guna menuju Landak yang cerdas.” Tema ini diambil karena mengingat minat baca dikalangan anak-anak sudah mulai berkurang. Padahal membaca merupakan hal yang penting untuk anak-anak. Beberapa manfaat membaca bagi anak-anak adalah untuk menambah kosakata, meningkatkan kualitas memori, dan menambah wawasan atau pengetahuan. Oleh sebab itu, diharapkan dengan diselenggarakannya lomba ini, minat baca dikalangan anak-anak, khususnya Kabupaten Landak, semakin meningkat.

 

Bagi Novi kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari tersebut menjadi pengalaman yang menyenangkan. Dia mendapat teman baru, menunjukkan bakat atau kemampuan yang ia miliki, dan juga berkesempatan untuk berkunjung ke Perpustakaan Daerah Kabupaten Landak. Di perpustakaan ia sempat membaca beberapa judul buku yang tidak ada di perpustakaan sekolah.

 

Puji Tuhan, dalam lomba tersebut Novi bisa meraih juara 2 (Dua). Wajah sumringah dan bahagia tampak diwajahnya. Apalagi ia juga dipercayakan untuk kembali mengikuti Lomba Bercerita mewakili Kabupeten Landak di tingkat provinsi Kalimantan Barat yang rencananya dilaksanakan tanggal 20 Juli 2018. Kiranya dengan pertolongan Tuhan dan kerja keras selama latihan, Novi bisa maju sampai tingkat nasional.

 

Biodata

 

Nama             : Sara Novita Sari

TTL                 : Gombang, 22 November 2007

Kelas              : V SD

Hobi                : Membaca buku

Cita-cita         : Dosen Agama

 

 

Irene Kharistyani Suyono

Guru SDK Makedonia

 

Lihat juga

Komentar


Group

Top