SAAT NYA BERUBAH

Penulis : Redaksi | Thu, 7 June 2018 - 09:24 | Dilihat : 65

-Suara Makedonia- Mendengar kata berubah, kita akan selalu diingatkan dengan film anak-anak berjudul "Power Rangers," yang diputar setiap hari minggu pagi di salah satu stasiun tv swasta di negeri ini. Film ini sangat menarik, awalnya, sekelompok anak-anak muda hanya berkelahi secara biasa biasa saja melawan penjahat dan selalu kalah. Namun, kemudian ketika mereka berubah rupa, mereka menjadi lebih kuat dan menjadi pasukan yang berwarna merah, hijau,kuning, merah muda dan hitam, lalu mereka menang. Mereka menang karena perubahan tersebut, sekalipun itu bukanlah aslinya. Berubah harus menghasikan perubahan. Kata orang: "perubahan bukanlah perubahan sampai terjadi perubahan."

 

Melihat keadaan sekarang, semua cepat berubah, banyak hal yang harus diwaspadai. Boleh dikatakan perubahan tersebut tidak berbelas kasihan. Dunia kita sekarang ini benar-benar kacau karena menghidupi prinsip-prinsip yang bertetangan dengan ajaran Tuhan kita. Ada dua pilihan kita dapat mengikuti arus filosofi dunia yang sia-sia atau menerima tantangan Yesus untuk membawa perubahan bagi dunia.

 

Sekarang saatnya berubah, alasanya dunia juga terus berubah. Tidak ada yang tidak berubah. Perubahan ini telah membuat manusia itu tidak lagi penting. Di era teknologi sekarang, memang manusia tidaklah seberapa penting, karena semua dapat dilakukan oleh mesin atau robot. Bukan tidak mungkin suatu saat memang manusia itu menjadi sama sekali tidak penting. karena itu sudah saatnya kita harus berubah. Salah satu contoh perubahan tersebut dapat dilihat pada perusahaan-perusahaan yang menggunakan teknologi canggih.

 

Perubahan yang diinginkan adalah perubahan yang sifatnya dari dalam. Seseorang dapat berubah ketika orang tersebut mengenal dan mengalami perjumpaan secara pribadi dengan Tuhan. Seorang buronan raja Mesir (Firaun) mengalami ketakutan, dan hidup terasing di padang belantara menjaga domba. Orang tersebut tidak dapat melakukan apapun selain menjadi penjaga domba dan selalu dikuasai oleh ketakutan karena telah membunuh orang Mesir tersebut. Orang tersebut bernama Musa.

 

Ketika musa mengalami  perjumpaan secara pribadi dengan Tuhan , Musa mulai berubah, awalnya dia lari dari Mesir, namun kemudian dia kembali ke Mesir berhadapan dengan Firaun. Seorang buronan dan menjadi  penjaga domba  hidup di padang belantara, kembali ke Mesir menjadi pahlawan dan membawa suatu bangsa yang besar keluar dari Mesir kembali ke tanah perjanjian Tuhan.  Sama seperti Musa dipakai Tuhan untuk membuat perubahan bagi bangsa Israel yang berada di pembuangan, semua kita orang yang percaya kepada Kristus Yesus menerima Dia sebagai Tuhan dan juruselamat harus menjadi motor dari perubahan tersebut.

 

Saatnya  orangtua guru dan sekolah  berubah. Guru merupakan sosok penting yang dapat mengawal perubahan perubahan yang sedang terjadi. Guru bertanggung-jawab membantu peserta didik agar dapat membantu peserta didik mengembangkan potensi yang dimilikinya secara maksimal. Guru menjadi motivator bagi para siswa yang mengalami putus asa, kegagalan dan patah semangat.

 

Saat nya berubah,  Alkitab berkata janganlah kau menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah,  apa yang baik , yang berkenan  kepada Allah  dan yang sempurna. (Roma 12 :2). Perubahan yang dimaksudkan adalah perubahan yang menjadi serupa dengan Kristus. Mencerminkan nilai-nilai kekristenan yang sebenarnya. Akhirnya, sebagai orang kristen, kita akan dimampukan menghadapi semua perubahan perubahan yang sedang terjadi di sekitar kita. Guru, sekolah dan para orangtua kristen harus menjadi agent (alat)  di tangan Tuhan untuk menciptakan dan mengadapi setiap perubahan perubahan yang terjadi.

 

Andry Pangaribuan,S.Th

Guru SMAK Makedonia

Lihat juga

Komentar

Top