Progress

TANAMKAN PENDIDIKAN KRISTEN SEJAK DINI

Penulis : Redaksi | Tue, 31 July 2018 - 12:00 | Dilihat : 86
Tags : Dini Kristen Pendidikan Usia

-Suara Makedonia- Tidak sedikit orang tua kehilangan arah dalam memberikan pendidikan kepada anaknya, sehingga banyak orang Kristen yang mengaku sebagai keluarga Kristen, tapi tidak mendidik anak-anak mereka secara kristiani. Apalagi di zaman sekarang ini, di usia pendidikan wajib belajar 9 tahun orangtua lebih suka menyekolahkan anak mereka di sekolah-sekolah negeri walaupun dengan kurikulum pengajaran yang minim sekali menyinggung pendidikan Kristen. Namun orangtua banyak yang lebih memilih untuk menyekolahkan anaknya ke sekolah negeri.  Sekolah gratis adalah alasan orangtua menyekolahkan anak mereka di sekolah negeri. Selain itu, fasilitas sekolah negeri juga tidak kalah bahkan lebih lengkap dibandingkan sekolah swasta. Dengan demikian orangtua tidak segan-segan menitipkan anak mereka di sekolah-sekolah negeri. Bukan hanya orangtua yang senang, anak-anak mereka juga lebih senang bersekolah di sekolah negeri. 

 

Hal di ataslah yang membuat sekolah swasta kurang diminati lagi oleh para orang tua Kristen. Padahal anak-anak dari keluarga Kristen sangat penting menerima pengajaran yang Kristen dari masa umur sekolah bahkan umur balita. Namun, tanpa kita sadari pengajaran secara Kristen mulai pudar, anak-anak mulai tidak menyukai lagi pengajaran Kristen bukan hanya di sekolah. Bahkan di gereja, sekolah minggu di beberapa gereja pun mulai ditutup.  Padahal orangtua perlu menanamkan nilai-nilai kristiani dari usia dini, usia sekolah bahkan dewasa supaya mereka tidak menyimpang dari nilai-nilai tersebut.

 

Mengapa orangtua perlu menanamkan konsep kehidupan Kristen kepada anak mereka sejak usia dini? Bukankah anak seusia ini masih belum mengerti atau masih terbatas dalam berpikir? Sebenarnya Alkitab jelas menekankan kalau anak-anak harus diajarkan konsep kekristenan sejak dini atau sebelum terlambat agar konsep tersebut bisa tertanam, bertumbuh, berbunga bahkan menghasilkan buah yang seperti kita harapkan. Apabila orang Kristen menganggap Alkitab sebagai buku petunjuk dari imannya, maka sudah selayaknya untuk menanamkan konsep kekristen dengan paduan Alkitab.  Kita menggunakan Alkitab sebagai petunjuk atau panduan untuk mengajarkannya. Di dalam Alkitab mengungkapkan banyak hal yang sangat penting kepada orangtua yang berhubungan dengan tanggung jawab untuk mengajar konsep-konsep Kristen sejak dini.

 

Tantangan orangtua Kristen zaman sekarang adalah asumsi bahwa pengajaran Kristen sudah tidak terlalu perlu lagi dan orangtua lebih banyak menekankan kemajuan akademik dari pada kemajuan dalam tingkat agama. Oleh sebab itu, sekolah Kristen harus mampu bersaing dengan sekolah-sekolah negeri lainnya. Guru di sekolah Kristen harus benar-benar sudah lahir baru sehingga setiap pengajaran berlandaskan dengan nilai-nilai yang sesuai dengan Alkitab. Namun kalau kita mau koreksi, sangat banyak sekolah Kristen memiliki guru yang ironisnya tidak mencerminkan sikap orang yang sudah lahir baru. Selain guru, kurikulum yang dibentuk juga menjadi lebih penting. Jika sekolah Kristen memiliki kurikulum yang tidak berazaskan kekristenam. itu artinya sekolah tersebut belum siap untuk menghasilkan siswa yang akan memiliki nilai-nilai kekristenan.

 

Satu alasan melakukan pendidikan agama kepada anak adalah hal ini merupakan kesetiaan kepada Allah pencipta yang menciptakan dunia dalam kemajemukan dan yang di dalam Yesus telah menunjukkan cara-cara menjalin hubungan dengan orang-orang berbagai latar agama dan etnis. Alasan ini harusnya tertanam di dalam setiap pemikiran orangtua karena kita merupakan orang yang beriman maka sudah selayaknya kita mengajarkan pendidikan yang berbasis Kristen sejak dini kepada anak dengan demikian maka sebagai orangtua kita sudah melakukan langkah dalam memproses anak-anak kita, apapun nanti hasil dari proses tersebut kita imani saja bahwa Tuhan tidak pernah mengecewakan kita. Hal inilah yang perlu tertanam dalam kehidupan kita sebagai orangtua yang beriman kepada Kristus  yaitu menggutamakan pendidikan Kristen kepada anak-anak kita.

 

Ita Maria

Tutor PAUD A Peruan Dalam

 

 

Lihat juga

Komentar


Group

Top