Buletin

Pendidikan Dan Aplikasi Kekristenan Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Penulis : Redaksi | Mon, 6 August 2018 - 08:24 | Dilihat : 173
Tags : Hidup Kristen Masyarakat Pendidikan Sekolah

-Suara Makedonia- Pendidikan Kristen sangatlah penting dalam kehidupan sehari-hari, karena sangat dibutuhkan dalam memajukan ilmu pengetahuan serta harus kita terapkan dalam kehidupan. Pengertian pendidikan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah proses pengubahan sikap dan tingkah laku seseorang ataupun sebuah kelompok untuk mendewasakan seseorang atau kelompok dengan cara mengajar dan melatih. Sedangkan pengertian dari pendidikan Kristen adalah pendidikan yang melibatkan warga jemaat untuk belajar teratur dan tertib agar semakin menyadari dosa mereka serta bersukacita dalam Firman Yesus Kristus yang memerdekakan.

Dalam kehidupan sehari-hari ilmu pengetahuan dan teknologi sangatlah berpengaruh baik itu di kalangan anak-anak, remaja, pemuda, bahkan orang tua. Tetapi ilmu pengetahuan dan teknologi itu pasti mempunyai dampak positif maupun dampak negatif, tergantung kepada kita sebagai penggunanya. Banyak informasi yang sangat bermanfaat yang bisa kita dapatkan dari ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya dalam hal pendidikan seperti perangkat untuk mengajar, bahan-bahan untuk mengajar, cara mengajar yang baik dan menarik, dan masih banyak lagi. Tapi banyak juga informasi negatif yang bisa kita dapatkan dari ilmu pengetahuan dan teknologi. Pendidikan Kristen juga berkaitan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi, dengan hadirnya pendidikan Kristen maka setiap orang akan dibenahi serta diajarkan bagaimana menggunakan ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut dengan sebaik mungkin serta dampak negatifnya pun berkurang dan masih sesuai dengan ajaran Kristen. Selain itu juga dengan adanya pendidikan Kristen akan membentuk suatu pembelajaran yaitu perubahan perilaku ke arah yang positif dalam konteks kekristenan. Pendidikan Kristen dapat mempengaruhi perkembangan pribadi di segala aspek moral hidup dalam masyarakat untuk menciptakan suasana yang baik, sesuai dengan yang diharapkan. Pendidikan Kristen harus bisa disalurkan dalam kehidupan sosial untuk membangun masyarakat yang bermoral. Dengan demikian bukan kondisi luar yang mempengaruhi, tetapi pendidikan Kristen yang akan mempengaruhi kehidupan sosial.

Dari pemaparan di atas, dapat disimpulkan bahwa pendidikan Kristen sangatlah penting dalam kehidupan kita karena sangat berkaitan dengan bidang ilmu lainnya. Oleh karena itu sangat diperlukan kesadaran untuk memperoleh pendidikan berbasis kekristenan. Pendidikan Kristen mengajarkan kita untuk hidup teratur dan tertib agar semakin menyadari dosa serta bersukacita dalam Firman Yesus Kristus. Tugas pendidikan Kristen dalam pendidikan di sekolah adalah mengantar pelajar sedemikan rupa sehingga mengalami pengalaman yang baik dengan Tuhan Yesus.

Leonard Agustinus, S.Kom

Guru SMA Kristen Makedonia

Lihat juga

jQuery Slider

Komentar


Group

Top