Kegiatan

Asyik Belajar Dalam Fun Learning Club

Penulis : Redaksi | Wed, 15 August 2018 - 08:51 | Dilihat : 85
Tags : Belajar Bermain Klub Makedonia Pendidikan Sd

-Suara Makedonia- Bermain dengan sungguh-sungguh, sambil belajar penuh keseruan dan menyenangkan. Mungkin itulah kalimat yang paling tepat untuk menggambarkan suasana dalam beberapa kegiatan belajar rutin baru di luar jam sekolah biasa, yang pada tahun ajaran baru ini mulai dilaksanakan. Kegiatan-kegiatan tersebut menjadi salah satu hal menarik di SDK (Sekolah Dasar Kristen) Makedonia pada awal tahun ajaran baru ini. Karena untuk pertama kalinya diadakan klub belajar rutin khusus yang beranggotakan beberapa peserta didik terpilih. Adapun klub belajar tersebut hanya diperuntukan untuk mata pelajaran matematika, Sains, dan Bahasa Inggris.

Secara umum, klub belajar ini dibuka untuk meningkatkan ketertarikan dan minat para peserta didik terhadap mata pelajaran yang bersangkutan dan secara khusus untuk mempersiapkan peserta didik yang terpilih untuk mengikuti kegiatan lomba-lomba yang berkaitan erat dengan ketiga mata pelajaran tersebut. Pertemuan klub belajar ini diadakan setiap hari Kamis, dengan ketiga Pembina yang juga merupakan guru-guru terbaik SDK Makedonia pada bidang pelajaran masing-masing. Klub belajar dibuat seinteraktif dan sekreatif mungkin untuk menambah semangat belajar peserta didik dan juga dalam memahami materi pada masing-masing mata pelajaran yang diampu. Para pembina telah dipersiapkan dan akan selalu berusaha sebaik mungkin untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan sambil menitikberatkan pada pendalaman materi yang secara umum sudah diterima peserta didik di jam sekolah biasanya.

Adapun peserta yang mengikuti setiap klub belajar, adalah peserta didik yang telah melewati proses seleksi oleh pembina masing-masing klub berdasarkan rekomendasi oleh guru mata pelajaran dan wali kelas peserta didik yang bersangkutan. Sehingga terpilihlah sekitar 8-12 peserta didik untuk setiap klub belajar. Jumlah peserta didik yang mengikuti masing-masing klub memang sengaja dibatasi, dengan tujuan pembina klub dapat lebih fokus dalam meningkatkan pemahaman materi setiap peserta didik yang tergabung pada masing-masing klub belajar. Beberapa peserta didik mengaku sangat antusias dan bersemangat dalam mengikuti klub belajar ini, ketika ditanyai mengenai pengalamannya di hari pertama mengikuti klub belajar. Kegiatan-kegiatannya berisi permainan dan kegiatan yang menyenangkan, tetapi tidak keluar dari konteks belajar.

Di dalam perjalanan pelayanan para pendidik, untuk menghasilkan peserta didik unggul dan berprestasi memang menjadi tujuan dan target utama. Hal tersebut, dapat dicapai dengan mengambil sebuah langkah kecil terlebih dahulu yang salah satunya adalah dengan membuat target terhadap beberapa peserta didik yang terpilih saja. Seiring berjalannya waktu, diharapkan di kemudian hari, perlahan-lahan tetapi pasti, target bertambah banyak dari yang sedikit merambat hingga menjadi seluruh peserta didik. Bukanlah hal yang mudah, tetapi dengan komitmen, semangat kerja, dan ucapan syukur, maka seberat apapun perjuangan para pendidik dalam menghasilkan peserta didik yang berkualitas pasti akan tercapai pada saat dan waktu yang Tuhan tetapkan. Semoga lewat klub belajar ini, para pendidik SDK Makedonia akan membuktikan kemampuannya untuk menghasilkan peserta-peserta didik yang berkualitas ilmunya beserta juga dengan karakternya, tidak hanya di lingkup sekolah dan sekitarnya, tetapi juga lingkup yang lebih luas nantinya.

Paruliana Mayasari Hutapea, S. Pd., B.Sc.

Guru SD Kristen Makedonia

Lihat juga

jQuery Slider

Komentar


Group

Top