Kegiatan

Indahnya Kebersamaan

Penulis : Redaksi | Fri, 17 August 2018 - 23:49 | Dilihat : 119
Tags : Agustus Indonesia Kemerdekaan Lomba Makedonia Sd

-Suara Makedonia- Tahun ini Republik Indonesia merayakan hari ulang tahun kemerdekaan yang ke-73. Rakyat Indonesia memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia dengan berbagai macam cara. Di SDK (Sekolah Dasar Kristen) Makedonia perayaan HUT RI dimeriahkan dengan mengadakan berbagai jenis perlombaan. Perlombaan tersebut diikuti oleh siswa-siswi SD mulai dari kelas 1 (satu) sampai kelas 6 (enam). Perlombaan yang diadakan antara lain lomba kebersihan dan keindahan kelas, lomba minat dan bakat, serta lomba olahraga. Perlombaan tersebut diadakan mulai tanggal 13-16 Agustus 2018.

Tema yang diambil untuk memperingati HUT RI tahun ini adalah “Indahnya Keberagaman”. Indonesia terdiri dari beraneka ragam suku, budaya, dan agama. Keberagaman ini merupakan kekayaan bangsa Indonesia yang harus dilestarikan. Jika kita melihat kembali pada peristiwa ketika para pejuang berusaha untuk meraih kemerdekaan, mereka berjuang juga berjuang dengan keberagaman. Para pejuang memiliki latar belakang suku dan agama yang berbeda, tetapi mereka bersatu tanpa membedakan suku dan agama. Sehingga dengan adanya persatuan dan kesatuan, mereka bisa meraih kemerdekaan.

Agar tercipta rasa persatuan dan kesatuan, kita harus memiliki sikap saling menghargai dan menghormati. Menghargai dan menghormati perbedaan suku, budaya, dan agama yang ada di Indonesia perlu ditanamkan sejak dini. Perbedaan yang dimiliki bangsa Indonesia itu indah, namun persatuan dan kesatuan jauh lebih indah. Dengan adanya persatuan dan kesatuan, bangsa Indonesia akan menjadi semakin kuat. Nilai-nilai inilah yang ingin ditanamkan kepada siswa-siswi Makedonia.

Salah satu keberagaman yang dimiliki Indonesia adalah pakaian adat. Dalam salah satu perlombaan yaitu fashion show/peragaan busana, siswa-siswi SDK Makedonia diminta untuk menampilkan beraneka ragam pakaian adat nusantara. Pada perlombaan story telling siswa-siswi diminta untuk menceritakan beberapa cerita rakyat nusantara. Diharapkan lomba-lomba tersebut dapat menambah wawasan siswa-siswa tentang budaya Indonesia. Selain menambah wawasan, kegiatan lomba tersebut diharapkan mampu menjadi tempat untuk menyalurkan minat dan bakat, menumbuhkan keberanian dan rasa percaya diri, dan melatih kreatifitas siswa.

Selain perlombaan minat dan bakat, perlombaan olahraga juga merupakan perlombaan yang sangat ditunggu-tunggu. Adapun perlombaan-perlombaan tersebut adalah tarik tambang, bakiak, estafet benda, balap sarung, dan makan kerupuk. Siswa-siswi sangat antusias untuk mengikutinya. Pada dasarnya, kegiatan perlombaan yang diadakan tersebut tidak hanya untuk bersenang-senang atau adu kekuatan dan kecepatan saja. Lebih dari pada itu, para siswa-siswi diharapkan dapat memiliki sikap dan semangat untuk berjuang secara bersama-sama melalui perlombaan-perlombaan yang ada. Siswa-siswi juga dilatih untuk membangun kerja sama dan gotong royong bersama dengan teman-teman lainnya.

Semoga kita semua dapat memaknai Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 73 ini dengan semangat untuk menjaga persatuan dan kesatuan dalam indahnya keberagaman.

Irene Kharistyani Suyono

Guru SD Kristen Makedonia

Lihat juga

jQuery Slider

Komentar


Group

Top