Kegiatan

Di Dalam Tubuh Yang Sehat Terdapat Jiwa Yang Sehat

Penulis : Redaksi | Thu, 30 August 2018 - 10:21 | Dilihat : 56
Tags : Kesehatan Kristen Makedonia Pendidikan Sekolah

-Suara Makedonia- Hidup sehat merupakan suatu kebutuhan yang tak bisa ditinggalkan oleh semua orang. Hal ini dikarenakan semakin banyaknya penyakit-penyakit baru yang bermunculan. Oleh sebab itu, sudah sepantasnya jika seseorang menerapkan pola hidup sehat tanpa memandang umur. Sebuah istilah yang sudah umum didengar banyak orang, yaitu ‘di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat’ dapat menjadi acuan untuk menerapkan pola hidup sehat. Artinya, jika seseorang memiliki badan atau tubuh yang sehat, maka pikiran dan jiwa raga ‘kita juga akan sehat dan selalu berpikir positif.

Menerapkan gaya hidup sehat tidak hanya dapat dilakukan di kalangan orang dewasa, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Menerapkan gaya hidup sehat justru sebaiknya dimulai sejak dini atau dari anak-anak, agar anak-anak memiliki tubuh yang sehat dan kuat sehingga mereka dapat belajar dengan pikiran yang sehat juga. Tahun ajaran ini (2018/2019), SDK (Sekolah Dasar Kristen) Makedonia memulai suatu program hidup sehat yaitu dengan senam pagi bersama guru dan seluruh siswa. Kegiatan ini dilakukan setiap Jumat pagi sebelum proses pembelajaran dimulai. Kegiatan ini mendapat respon positif khususnya siswa yang melakukan senam pagi. Seluruh guru dan siswa sangat bersukacita dan bersemangat menirukan gerakan-gerakan senam yang dikoordinir oleh siswa yang sudah dilatih senam oleh Pak Melkisedek Y. Karo sebagai guru olahraga SDK Makedonia. Dengan adanya instruktur senam yang dilatih oleh Pak Melkisedek, maka seluruh siswa dapat mengikuti setiap gerakan-gerakan yang ada.

Kegiatan senam pagi bersama yang dilakukan oleh seluruh guru dan siswa SDK Makedonia dapat menjadi acuan untuk hidup sehat. Seluruh siswa juga dianjurkan untuk makan-makanan yang sehat sehingga pola hidup sehatnya menjadi seimbang. Hal-hal yang dapat terjadi jika setiap siswa dapat menerapkan pola hidup sehat adalah siswa menjadi lebih berkonsentrasi untuk belajar di kelas karena sudah memperoleh tenaga dari sarapan pagi dan kegiatan senam pagi yang dilakukan di sekolah, serta siswa juga akan memiliki pikiran-pikiran positif sehingga mereka mengerti tujuan mereka belajar di sekolah. Melalui kegiatan senam pagi ini diharapkan seluruh siswa memiliki tubuh yang sehat dan baik, serta memiliki kondisi batin yang sehat juga. Jika tinggal di perkotaan, banyak masyarakat yang memiliki uang banyak untuk melakukan olahraga dengan bayaran yang cukup mahal, tetapi di SDK Makedonia juga dapat menerapkan pola hidup sehat yang sederhana dan tidak perlu menggunakan uang, yaitu dengan melakukan senam pagi bersama demi memperoleh tubuh dan jiwa yang sehat karena di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat juga.

-Christine Feby Silitonga-

Guru SDK Makedonia

Lihat juga

jQuery Slider

Komentar


Group

Top