Kegiatan

Melatih Diri Dengan Budaya Antri

Penulis : Redaksi | Thu, 13 September 2018 - 09:08 | Dilihat : 70
Tags : Antri Disiplin Kegiatan Kristen Makedonia Pendidikan

-Suara Makedonia- Jajan merupakan salah satu hal yang sangat menyenangkan bagi seluruh anak-anak kecil terutama anak-anak Sekolah Dasar (SD), karena mereka dapat membeli makanan yang menurut mereka enak ataupun yang tidak ada di rumah. Banyak sekali jajanan yang di tawarkan oleh para pedagang untuk anak-anak SD, sehingga tidak jarang kita dapat melihat hampir di semua sekolah dasar mempunyai kantin untuk anak-anak jajan.

Sekolah Dasar kristen Makedonia, sejak awal berdiri tidak menyediakan atau mempunyai kantin, ini di karenakan untuk menjaga kesehatan anak-anak. Sehingga kita dapat melihat semua anak dari kelas 1 samapai kelas 6 membawa bekal makanan dari rumah masing-masing untuk di makan ketika istirahat jam pelajaran. Tidak jarang kita lihat ketika jam istirahat pertama anak-anak tidak banyak yang bermain, karena sudah aturan dari sekolah jam istirahat pertama di gunakan untuk makan bekal yang anak-anak bawa.

Beberapa tahun ini atau 2 tahun belakangan, pihak sekolah mengizinkan anak-anak untuk boleh jajan di luar lingkungan sekolah (karena tidak ada kantin di lingkungan sekolah, adapun hanya khusus untuk SMP dan SMA). Anak-anak di perbolehkan jajan pada saat jam pergantian sambil menunggu jam ekstrakurikuler dan pramuka pada hari rabu dan jumat, itupun dengan syarat harus ada guru yang mendampingi anak-anak untuk jajan.

Anak-anak sangat senang karena di perbolehkan jajan, ketika menunggu jam ekstrakurikuler, anak-anak selalu berdiri di depan pintu kantor, berharap ada Bapak/Ibu guru yang bersedia menemani/mendampingi mereka untuk jajan. Ketika ada bapak/ibu guru yang bersedia menemani, tidak sedikit anak-anak yang akan ikut pergi jajan. Dengan tertib dan tenang mereka mengantri menunggu giliran, sehingga sering terjadi barisan panjang seperti orang mengantri sembako atau tiket konser.

Membiasakan diri dari kecil untuk hidup antri, sehingga kita dapat melatih atau mampu mengendalikan diri kita, bisa bersabar menunggu giliran. Ketika beranjak dewasa, kita bisa menjadi manusia yang lebih baik bagi diri kita dan lingkungan sekitar.

Melkisedek Yohanes Karo

Guru SD Kristen Makedonia

Lihat juga

jQuery Slider

Komentar


Group

Top