Kegiatan

Guru, Orangtua Dan Siswa

Penulis : Redaksi | Fri, 21 September 2018 - 12:13 | Dilihat : 125
Tags : Dini Kegiatan Kristen Makedonia Paud Pendidikan

Terkait

1

Pendidikan Dan Aplikasi Kekristenan Didalam Kehidupan Sehari-Hari

Pendidikan adalah proses belajar mengajar antara ..

2

Teras Festival Lomba Menulis Lagu

Sangat sulit kita menemukan anak muda zaman ..

3

Penilaian Akhir Semester Ganjil 2019/2020

Setiap akhir semester semua sekolah yang ada dari ..

-Suara Makedonia- Orangtua terkadang kurang menyadari begitu pentingnya peran mereka dalam keberhasilan pendidikan anak. Pada hal orangtua adalah ujung tombak yang paling penting dalam menentukan keberhasilan pendidikan anak mereka. Tanpa peran serta orangtua dalam keberhasilan pendidikan anak maka pendidikan akan terhambat bahkan tidak sampai pada tujuan yang diharapkan. Mengapa demikian? karena faktanya Anak lebih banyak menghabiskan waktunya dengan orang tua dibandingkan dengan guru di sekolah. Selain itu, Orangtua lebih banyak memberikan teladan yang banyak ditiru oleh anak, baik dalam teladan perkataan, tingkah laku dan perbuatan.

Jarang orangtua yang menolak untuk diajak kerjasama dalam hal menentukan keberhasilan pendidikan anak mereka. Oleh sebab itu, guru dan orangtua harus kerjasama demi mencapai target pendidikan yang baik bagi anak mereka. Hal ini penting karena guru sebagai pendidik di sekolah tidak banyak tahu tentang anak mereka, yang lebih banyak tahu ialah orangtuanya sendiri. Dengan demikian, keterlibatan orangtua siswa sangat penting supaya guru dapat mengembangkan minat dan bakat peserta didik lebih dalam lagi dengan mendapat informasi dari sumber lebih akurat yaitu orangtua.

Banyak hal yang bisa digunakan dalam mengajak orangtua terlibat dengan guru dan anak mereka secara khusus pada pendidikan anak usia dini. Orangtua bisa memberikan kesempatan kepada anak untuk ikut berkontribusi dalam mengerjakan suatu hal bersama sama, seperti contohnya memasak bersama orang tua dan anak. Meskipun hal ini sederhana namun pada saat kita bekerja sama melibatkan anak untuk mencapai tujuan dapat merangsang kepercayaan dirinya dalam melakukan sesuatu. Karena besarnya keterlibatan orangtua, guru-guru PAUD Kristen Makedonia Peruan Dalam merasakan dampak yang baik selama mengajar anak-anak yang ada sekarang, terutama mudahnya berkomunikasi dengan orangtua kalau ada permasalahan anak di sekolah. Melibatkan orangtua adalah bagian solusi mencapai keberhasilan pendidian anak tanpa melibatkan orangtua dalam pendidikan anak mereka jangan berharap banyak tentang keberhasilannya.

Ita Maria

Guru PAUD Kristen Makedonia Peruan Dalam

Komentar


Kontak

Alamat:

Sekretariat Yayasan MIKA

Wisma Bersama, Lt. 3 
Jl. Salemba Raya 24 A-B, Jakarta 10430
Telp. (62-21) 310 0023
Fax. (62-21) 310 1350


Bank : BCA Kedoya Baru
Rek. Operasional no. 309 300 4589
Rek. Pembangunan no. 309 300 8720
a/n Yayasan MIKA