Kegiatan

Spelling Bee Competition Di Sekolah Dasar Kristen Makedonia. Cara Fun Untuk Belajar Bahasa Inggris

Penulis : Redaksi | Sat, 20 October 2018 - 07:26 | Dilihat : 80
Tags : English Fun Kompetisi Kristen Makedonia Pendidikan Sd

-Suara Makedonia- Bahasa Inggris memegang peranan penting dalam masyarakat global, maka dari itu Bahasa Inggris telah mendominasi komunikasi antar bangsa, baik di bidang teknologi, ekonomi, politik, pendidikan dan berbagai bidang lainnya. Tidak dapat dipungkiri, saat ini Bahasa Inggris telah diakui sebagai bahasa Internasional.

Untuk bisa bersaing dalam masyarakat global, siswa harus dipersiapkan untuk memiliki kemampuan berbahasa Inggris. Menyadari hal tersebut, SDK (Sekolah Dasar Kristen) Makedonia mengadakan kegiatan yang menarik minat dan bakat siswa untuk mempelajari Bahasa Inggris dengan cara yang fun atau menyenangkan. Selain itu bisa juga mengajak mereka untuk menggunakan Bahasa Inggris dengan lebih percaya diri. Kegiatan tersebut adalah Spelling Bee Competition.

Spelling Bee Competition merupakan sebuah kompetisi dimana siswa diminta untuk mengeja salah satu kata dalam Bahasa Inggris. Salah satu cara untuk bisa menguasai Bahasa Inggris adalah dimulai dengan spelling atau mengeja. Kompetisi ini diperkenalkan pertama kalinya di Amerika Serikat. Saat ini banyak Negara yang menyelenggarakan kompetisi ini termasuk di Indonesia.

Peraturan kompetisi ini adalah juri akan membacakan soal berupa kata dalam Bahasa Inggris, kemudian peserta menyebutkan kata tersebut, mengejanya dalam bahasa Inggris kemudian menyebutkan kembali kata tersebut. Jika katanya kurang jelas, peserta bisa meminta juri untuk mengulanginya atau meminta kata tersebut dalam bentuk kalimat.

Ada beberapa manfaat yang bisa diambil dari kegiatan Spelling Bee Competition ini. Misalnya membelajari Bahasa Inggris dengn cara yang menyenagkan, dapat melatih pelafalan kosakata dalam Bahasa Inggris, memudahkan anak menginat kosakata Bahasa Inggris dan meningkatkan rasa percaya diri siswa dalam berbahasa Inggris.

Pelaksanaan Spelling Bee Competition di SDK Makedonia diadakan pada hari Rabu, 17 Oktober 2018 di Aula Perpustakaan SD (Sekolah Dasar). Ibu Yully Wince Papilaya berperan menjadi juri dalam kegiatan tersebut. Pelaksanaan kompetisi tersebut dibagi menjadi dua kategori, yaitu untuk kategori kelas kecil dan kelas besar. Setiap kelas mengirimkan lima orang perwakilan.

Saat kegiatan berlangsung, para peserta duduk di depan dan teman-teman lainya menjadi penonton. Ada beberapa peserta yang terlihat gugup saat mengeja, tetapi ada juga peserta yang sudah bisa mengeja dengan berani. Tidak lupa Ibu Maya sebagai pembawa acara memberikan motivasi kepada para peserta untuk mengeja dengan rasa percaya diri. Teman-teman lain juga memberikan tepuk tangan yang meriah bagi para peserta yang berhasil mengeja dengan benar.

Setelah melewati persaingan yang ketat, satu persatu para peserta mulai gugur. Akhirnya didapatkanlah pemenang Spelling Bee Competition SDK Makedonia. Untuk kategori kelas kecil dimenangkan oleh Cia dari kelas 3 (tiga), dan untuk kategori kelas besar dimenangkan oleh Jorrel dari kelas 4 (empat). Para pemenang diberikan penghargaan berupa piala dan bingkisan dari sekolah.

Diharapkan setelah diadakannya kegiatan ini lebih banyak lagi siswa dan siswi SDK Makedonia yang memiliki minat untuk belajar Bahasa Inggris dan menggunakannya dengan percaya diri dalam kehidupan sehari-hari.

Irene Kharistyani Suyono

Guru SD Kristen Makedonia

Lihat juga

jQuery Slider

Komentar


Group

Top