Kegiatan

Menuliskan Tujuan Pembelajaran Di Papan Tulis

Penulis : Redaksi | Mon, 5 November 2018 - 09:19 | Dilihat : 51
Tags : Belajar Kegiatan Kristen Makedonia Pendidikan Tujuan Waktu

-Suara Makedonia- Tujuan pembelajaran merupakan salah satu aspek yang perlu dipertimbangkan dalam merencanakan pembelajaran. Sebab segala kegiatan pembelajaran muaranya pada tercapainya tujuan tersebut.

Penulisan tujuan pembelajaran di papan tulis bukan saja memperjelas arah yang ingin dicapai dalam kegiatan belajar, tetapi dari segi efesiensi diperoleh hasil yang maksimal. Keuntungan menuliskan tujuan pembelajaran di papan tulis adalah sebagai berikut:

  1. Waktu mengajar dapat dialokasikan dan dimanfaatkan secara tepat. Sehingga materi dapat dibuat seimbang dan tidak ada materi pelajaran yang dibahas terlalu mendalam atau terlalu sedikit. Guru dapat menetapkan beberapa banyak materi pelajaran yang dapat atau sebaiknya disajikan dalam setiap jam pelajaran. Guru dapat menetapkan urutan dan rangkaian materi pelajaran secara tepat. Artinya, peletakan masing-masing materi pelajaran akan memudahkan siswa dalam mempelajari isi pelajaran.
  2. Mudah menetapkan dan mempersiapkan strategi belajar mengajar yang paling cocok dan menarik. Dengan mudah mempersiapkan berbagai keperluan peralatan maupun bahan dalam keperluan belajar sesuai dengan strategi pembelajaran.
  3. Mudah mengukur keberhasilan siswa dalam belajar. Guru dapat menjamin bahwa hasil keberhasilan siswa dalam belajar. Guru dapat menjamin bahwa hasil belajarnya akan lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar tanpa tujuan yang jelas.

Seringkali guru mengabaikan hal teknis yang sederhana. Terlihat mudah namun sulit untuk dilakukan secara konsisten. Sebagai seorang guru, Elveria juga sedang melatih dirinya untuk konsiten menuliskan tujuan pembelajaran setiap kali mengajar. Manfaat tersebut sudah cukup ia rasakan dan sangat membantu sebagai seorang guru dan siswa yang menerima pembelajaran. Tujuan pembelajaran penting diberitahu sebagai panduan siswa. Menekankan kepada siswa bahwa materi ini penting. Dengan begitu akan memacu semangat siswa untuk semakin belajar bahwa hidup tanpa tujuan adalah sia-sia. Demikian pula dengan belajar, tanpa tujuan akan membingungkan dan membosankan. Tujuan pembelajaran adalah bagian terpenting dari proses belajar mengajar. Oleh sebab itu temukan tujuan dan lakukan sesuai dengan rancangan yang telah dibuat.

Elveria Novi Situmorang, S.Pd., B.Ed.

Guru Mata Pelajaran Sosiologi dan Wakil Kepala Kurikulum SMA Kristen Makedonia

Lihat juga

jQuery Slider

Komentar


Group

Top