Kegiatan

Ekstrakurikuler Untuk Pengembangan Diri

Penulis : Redaksi | Thu, 8 November 2018 - 15:52 | Dilihat : 84
Tags : Diri Ekstrakurikuler Intrakurikuler Kegiatan Kristen Makedonia Pengembangan Sekolah

-Suara Makedonia- Sekolah adalah tempat penyelenggaraan kegiatan belajar dan mengajar, baik itu di dalam ruang kelas maupun di luar kelas. Bentuk pelaksanaannya berupa kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler. Ekstrakurikuler adalah kegiatan penunjang pelajaran yang dilaksanakan di luar sekolah. Hampir di setiap sekolah pasti mengadakan kegiatan ekstrakurikuler. Kehadiran kegiatan ekstrakurikuler mengakomodasi kebutuhan perkembangan tersebut di bidang non-akademik, sehingga siswa sadar akan potensi yang ada pada dalam dirinya dan mau untuk terus berjuang untuk menekuni kegiatan tersebut.

Jika kegiatan ekstrakurikuler dapat ditekuni dengan sungguh-sungguh, tidak menutup kemungkinan peserta didik tersebut mendapatkan prestasi atas jerih payahnya, contohnya juara dalam lomba puisi, bola basket, sepakbola, dan lain sebagainya. Ekstrakurikuler memiliki banyak manfaat untuk setiap siswa yang mengikutinya.

1. Sebagai media untuk mengembangkan potensi dan bakat siswa

Kegiatan ekstrakurikuler dapat dijadikan sebagai media untuk mengembangkan potensi dan bakat siswa. Siswa dapat mengasah bakat yang dimilikinya secara bertahap. Selain itu, kegiatan ekatrakurikuler juga dapat menjadi media penggali potensi untuk siswa yang belum menyadari apa bakat yang dimilikinya.

2. Mengajarkan komitmen dan disiplin

Siswa yang aktif dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler akan menyadari jika kegiatan ekstrakurikuler yang mereka ikuti membutuhkan komitmen agar dapat lebih menguasai. Secara tidak langsung mereka akan belajar untuk lebih disiplin dan menentukan tujuan. Hal ini agar mengalir dan dilalui siswa seiring dengan keseriusan yang ditunjukkan.

3. Menimbulkan ketertarikan dan semangat mengejar impian

Anak selalu tumbuh dengan mengalami tantangan-tantangan baru dalam hidupnya. Mereka akan merasa tertarik untuk menghadapi tantangan demi tantangan menuju puncak impian yang diinginkan. Siswa yang aktif dalam mengikuti ekstrakurikuler cenderung memiliki semangat yang tinggi.

4. Melatih percaya diri

Kegiatan ekstrakurikuler mampu mengubah siswa untuk tampil percaya diri dan selalu termotivasi. Dalam kegiatan ekstrakurikuler siswa diajarkan untuk belajar menghadapi tekanan yang mengharuskannya untuk membangun keterampilan dan kemampuan dalam berfikir.

5. Sebagai bekal untuk mempersiapkan karir siswa

Kegiatan ekstrakurikuler adalah bekal untuk mempersiapkan masa depan dan karir yang akan dicapai siswa. Dengan kegiatan ekstrakurikuler siswa akan memiliki skill dan pola berpikir yang baik. Ini akan membuat siswa terlatih dalam mengerjakan pekerjaan saat ini dan pekerjaan di masa depan.

Meisakh Nur Anugrah, S.Pd

Waka. Kesiswaan SMA Kristen Makedonia

Lihat juga

jQuery Slider

Komentar


Group

Top