Kegiatan

Alamku, Rumahku

Penulis : Redaksi | Mon, 12 November 2018 - 09:13 | Dilihat : 45
Tags : Dasar Kristen Makedonia Pendidikan Pramuka

-Suara Makedonia- “Alam ku, Rumahku” adalah tema yang di angkat untuk PERSARI (Perkemahan Satu Hari) Sekolah Dasar Kristen (SDK) Makedonia di semester ganjil tahun ajaran 2018/2019. PERSARI merupakan kegiatan pramuka SDK Makedonia yang selalu di lakukan di akhir semester untuk meningkatkan keterampilan, kedisiplinan dan pemahaman anak-anak akan Pramuka.

PERSARI dibuka langsung oleh Kepala SDK Makedonia sekaligus sebagai Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (KAMABIGUS) yaitu ibu Yully Wince papilaya, S.Si. setelah upacara pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan membuat tenda untuk setiap barung dan beberapa anak dalam barung menyiapkan peralatan dan perlengkapan untuk memasak makan siang mereka. Bermacam jenis masakan dan makanan di masak oleh anak-anak pramuka dalam barung masing-masing, ada mie, nasi goreng, sostel racikan sendiri dan masih banyak lagi. Mereka memasak bukan hanya untuk mereka saja, tapi di berikan kepada pak cik dan buk cik agar di rasakan dan di nilai.

Setelah makan siang dan membersihkan perlengkapan masak dan makan, para siswa beristirahat sejenak dan mempersiapkan peralatan untuk menjelajah alam di sekitar. Ada 5 pos yang di siapakan oleh pak cik dan buk cik, diantaranya pos untuk melatih pengetahuan, mental,dan baris berbaris. Anak –anak sangat semangat dan antusias dalam mengikuti setiap kegiatan di setiap pos yang mereka lalui, walaupun harus basah basahan, naik turun tanjakan dan memasuki hutan, mereka tetap semangat, karena bagi mereka, alam seperti rumah mereka sendiri.

Sebelum upacara penutupan, anak-anak membereskan tenda barungnya masing-masing, peralatan pramuka dan barang bawaan mereka. Pada PERSARI kali ini, ada beberapa anak yang dilantik untuk naik tingkat dari siaga mula ke bantu dan yang baru naik ke siaga mula. Kegiatan pelantikan di lakukan pada upacara penutupan PERSARI yang di pimpin oleh KAMABIGUS Pramuka siaga Gugus Depan Panglima Sidong SDK Makedonia dan sekaligus melantik anak – anak yang naik tingkat.

Berharap dengan PERSARI ini yang bertema “Alam ku, Rumahku” Anak-anak pramuka lebih mencintai alam sekitar mereka dan melindungi alam mereka sehingga dapat terjaga kelestariannya dan dapat di rasakan oleh anak cucu mereka nantinya. Dan mereka dapat peduli dengan sesama, saling tolong menolong bukan hanya sesama anak pramuka, tapi di lingkungan tempat mereka tinggal khususnya dan bagi negara Indonesia.

Melkisedek Y. Karo

Guru SD Kristen Makedonia

Lihat juga

jQuery Slider

Komentar


Group

Top