Buletin

Wujud Dari Kesiapan

Penulis : Redaksi | Mon, 3 December 2018 - 13:29 | Dilihat : 43
Tags : Bulletin Guru Kristen Makedonia Pendidikan

-Suara Makedonia- Peristiwa – peristiwa yang terjadi tidak semestinya dilewatkan tanpa makna. Ada kejadian – kejadian tertentu yang bisa menjadi pembelajaran untuk memperbaiki kesalahan dan mengembangkan diri menjadi lebih baik .

Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke tujuh puluh tiga merupakan tanda bagi kita sebagai Pendidik untuk selalu siap mendidik anak – anak generasi penerus bangsa dengan penuh tanggung jawab. Anak – anak yang kelak akan menggantikan posisi di setiap aspek garis pemerintahan Indonesia tercinta ini.

Maka, sebagai Pendidik harus mempersiapkan dan menanamkan benih – benih yang dapat membimbing, menuntun dan mengarahkan anak generasi bangsa ini ketujuan yang mulia. Setiap siswa harus memahami Motto dan Tujuan dari SKM yaitu :

  1. Menolong anak yang keluarganya kurang mampu secara ekonomi agar tidak putus sekolah atau tidak mau sekolah .
  2. Membentuk, mendidik dan menanamkan sikap jujur dan terpuji serta memiliki kemampuan akademik dan non akademik yang tinggi .
  3. Meningkatkan mutu dan tingkat pendidikan di wilayah pedesaan khususnya yang tertinggal dalam pendidikan dan memotivasi mereka untuk melanjutkan ke Perguruan Tinggi .
  4. Mendorong anak cinta akan pelayanan melalui Pendidikan , merekrut dan membiayai mereka sebagai calon guru SKM yang mengabdi bagi Gereja dan generasi berikutnya .
  5. Melahirkan siswa dan mahasiswa yang ber – Iman Teguh , ber – Ilmu Tinggi , berintegritas Terpuji , Inovatif dan Inspiratif sebagai murid Kristus yang ber – Saksi dan ber – Aksi nyata .

Kesemuanya itu adalah dasar untuk kepribadian bagi sang siswa agar kelak menjadi pemimpin yang tangguh dan takut akan Tuhan .

Kesiapan itu ternyata bukan hanya dimiliki oleh Pendidik tapi kesiapan itu juga diperlukan bagi anak yang mau menerima didikan itu . Kesiapan anak terlihat ketika Pendidik memberikan tugas atau Pekerjaan Rumah (Pendidik adalah guru).

Kecenderungan anak didik adalah jika diberi tugas oleh guru si anak didik akan langsung mengeluh dengan berbagai alasan bahwa banyak tugas atau PR yang belum mereka selesaikan . Keluhan – keluhan yang demikian harus dihindari agar si anak didik tersebut dapat maju untuk mencapai segala impiannya

Pendidik harus memberikan motivasi dukungan yang kuat bahwa semua itu memang harus ada dan tugas – tugas yang diberikan hanyalah rintangan kecil .

Pembenahan disana – sini dalam dunia Pendidikan membuat Pendidik harus memiliki kredibilitas yang baik sesuai moto Pendidikan Nasional RI : “Tut Wuri Handayani“ Tapi dari semua itu yang paling tinggi adalah kesiapan hati . Hati yang siap untuk Melayani - Mendidik - Membimbing - dan mengajar bagi sang anak ( Yeremia 29 : 11 ) .

Menuntun dan membimbing sang anak agar tetap tersenyum bahwa yang dilewati dari proses pendidikan yang diterima semua untuk kebaikannya . Dan semua itu diberikan untuk Puji, Hormat, dan Kemuliaan bagi sang Gembala kita Guru yang Agung itu

Hotma Siregar, S.Pd.

Guru SMA Kristen Makedonia

Lihat juga

Komentar


Group

Top