Progress

Pengaruh Dari Pendidikan Terhadap Kualitas Anak Di Pedalaman

Penulis : Redaksi | Fri, 15 February 2019 - 13:23 | Dilihat : 357
Tags : Kristen Makedonia Pedalaman Pendidikan Roadshow Siswa

Terkait

1

Pentas Seni 2019 Sekolah Kristen Makedonia

Anak muda yang bangga menjadi Indonesia, sangatlah ..

2

Pendidikan Dan Aplikasi Kekristenan Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Tuhan menciptakan manusia dengan istimewa dan ..

3

Mission Trip U P H College 2019 Di S K M

Anak muda yang rindu menolong orang lain sangatlah ..

-Suara Makedonia- Sudah bukan hal yang sifatnya rahasia lagi bahwa anak-anak yang kebetulan tinggal di kawasan pedalaman amat sulit untuk memperoleh pendidikan yang layak sebagaimana yang didapatkan oleh anak-anak secara umum, terlebih anak-anak yang belajar di kawasan perkotaan. Selain sulit memperoleh pendidikan yang layak, mereka pun juga seringkali sulit mendapatkan air yang bersih. Bahkan pendidikan yang mereka dapatkan seringkali hanya sebatas kelayakan dari pendidikan Indonesia. Mereka juga banyak yang ketinggalan jaman dan cenderung tidak mengikuti perkembangan jaman. Selain itu, mereka bahkan juga seringkali tidak bisa mengenal alat komunikasi semisal telpon genggam yang menjadi salah satu tren zaman modern.

Dari beberapa permasalahan anak-anak di kawasan pedalaman yang ada saat ini, kesulitan memperoleh pendidikan yang layak menjadi sorotan pokok di era saat ini. Idealnya mereka akan mengenyam pendidikan yang layak selama 12 (dua belas) tahun. Namun, untuk faktanya sendiri mereka sulit bahkan untuk sekedar menjangkau lokasi untuk sekolah, bahkan mereka harus rela mengarungi sungai untuk mendapatkan pendidikan. Ada juga kawasan yang mengharuskan anak didiknya berjalan kaki hingga mencapai puluhan kilometer. Tidak hanya itu, di antara mereka juga banyak yang tidak menggunakan alas kaki saat sekolah.

Yang amat disayangkan dari pendidikan anak-anak di pedalaman adalah masalah kurangnya tenaga pengajar yang ada di pedalaman, serta kesulitan dalam mendapatkan tenaga pengajar yang berkenan untuk mengajar di kawasan pedalaman tersebut. Padahal untuk kualitas dari seseorang bisa dilihat salah satunya adalah dari seberapa tinggi dan layak pendidikan yang didapatkan. Tentu saja orang yang sudah sarjana mempunyai kualitas yang lebih tinggi dan cukup mumpuni dibandingkan dengan yang lulusan sekolah dasar. Sehingga bisa disimpulkan bahwa pendidikan adalah hal yang sangat penting dan harus diutamakan karena ia sangat mempengaruhi kualitas dari seseorang, khususnya anak-anak yang saat ini berada di daerah pedalaman.

Dengan permasalahan seperti yang sudah disebut tadi diatas Sekolah Kristen Makedonia (SKM) datang ke pedalaman untuk memberi kesempatan kepada putra/putri bangsa yang berkeingginan dan berkemauan mendapatkan pendidikan yang layak seperti anak-anak secara umum, melalui program ROADSHOW. ROADSHOW merupakan program dari sekolah Kristen Makedonia untuk memberi kesempatan kepada putra/putri daerah pedalaman yang memang mau memperoleh pendidikan yang layak dan untuk memperbaiki kualitas diri. Semoga dengan program yang telah dilakukan Sekolah Kristen Makedonia dapat membantu bangsa dan negara untuk mencerdaskan anak-anak bangsa.

Trianto, S.E

Guru SMA Kristen Makedonia

Komentar


Kontak

Alamat:

Sekretariat Yayasan MIKA

Wisma Bersama, Lt. 3 
Jl. Salemba Raya 24 A-B, Jakarta 10430
Telp. (62-21) 310 0023
Fax. (62-21) 310 1350


Bank : BCA Kedoya Baru
Rek. Operasional no. 309 300 4589
Rek. Pembangunan no. 309 300 8720
a/n Yayasan MIKA