Buletin

Mimpi Yang Nyata Dalam Berswasembada

Penulis : pulin | Fri, 29 March 2019 - 12:44 | Dilihat : 68
Tags : Kristen Makedonia Sekolah

Sekolah Kristen Makedonia yang sudah berdiri selama kurang lebih 17 tahun. Kini masih menjadi sekolah unggulan di Kabupaten Landak, Kalimantan Barat. Bersyukur untuk setiap siswa dari jenjang PAUD-SMA dan bahkan saat ini sedang proses pembangunan gedung Sekolah Tinggi Teologi Makedonia (STTM).

Terima kasih untuk cinta kasih yang diberikan oleh setiap Mitra Yayasan MIKA yang telah bersama-sama melayani dan memberikan sumbangsih baik berupa materi mau pun non materi. Untuk setiap fasilitas yang tersedia, membuat anak-anak bangga dan belajar mengembangkan bakat yang mereka miliki.

Kini, rasa syukur pun bertambah lagi. Mimpi Sekolah Kristen Makedonia untuk dapat menghasilkan sayur sendiri tanpa harus membeli, perlahan terwujudkan. Hidroponik kini menjadi wujud nyata yang sedang dikerjakan oleh tim LPK (Lingkungan, Pertanian dan Keamanan) SKM agar dapat menghasilkan sayur masyur yang akan di konsumsi oleh siswa-siswi Makedonia. Adapun persiapan yang telah dilakukan untuk membuat Hidroponik adalah bangunan rumah harus terkena sinar matahari penuh dari timur ke barat untuk proses fotosintesis. Bangunan menggunakan atap transparan, dinding dikelililingi menggunakan jarring kelambu halus untuk benteng dari serangan hama.

Di SKM modul tahap satu hidroponik sudah bias di aplikasikan tetapi masih menunggu benih dan nutrisi, dan sebelumnya akan dilakukan setrilisasi dengan penyemprotan formalin.

Plus & minus proses pembuatan hidroponik. Plusnya sayuran hidroquinon sehat dan bebas pestisida, pertumbuhan baik hasil berlimpah karena nutrisi sebagai makanan utamanya selalu terpenuhi dan terkontrol, minusnya sementara teknologi hidroponik masih tergolong mahal.

Kebanggaan SKM memiliki hidroponik karena target utama swasembada sayuran kedapur bisa terpenuhi, dan setiap siswa serta guru bias menikmati hasilnya kelak.

By: Elizabeth Pulin Putri

Lihat juga

Komentar


Group

Top