Buletin

Man Jadda Wa Jada

Penulis : jhon | Mon, 8 April 2019 - 16:29 | Dilihat : 268
Tags : Desa Makedonia Plasmav Sekolah Skm

“Man Jadda WaJada” merupakan sebuah ungkapan Arab yang artinya “Barangsiapa bersungguh-sungguh pasti akan mendapatkan hasil”. ”-where there is a will there is a way !” dalam masyarakat Indonesia sering dikenal sebuah pepatah “Dimana ada kemauan, pasti ada jalan!”. Tidak ada hal yang sulit jika kita mau berusaha memaksimalkan kemampuan yang Tuhan berikan.

Filosofi Man Jadda WaJada benar-benar diterapkan dan menjadi salah satu inspirasi bagi 3 anak SMP Kristen Makedonia yang mengikuti lomba Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMP tingkat Kabupaten Landak. OSN SMP tingkat Kabupaten Landak dilaksanakan pada hari Sabtu, 16 Maret 2019 diikuti oleh masing-masing 1 siswa per mata pelajaran persekolah dari 106 SMP di Kabupaten Landak. SMP Kristen Makedonia diwakili oleh Hildagadis kelas 8A mata pelajaran Matematika, Yordanus Aldi kelas 8A mata pelajaran IPA, dan Efraim Daniel kelas 8A mata pelajaran IPS. 3 anak yang terpilih merupakan hasil seleksi dan melalui proses pembinaan yang panjang dimulai dari bulan September 2018 – Maret 2019 di tingkat sekolah. Bersyukur dari 3 anak yang dikirim lomba ditingkat Kabupetan berhasil meraih juara 1 OSN IPA atas nama Yordanus Aldi dan Juara 1 OSN IPS atas nama Efraim Daniel. Kedua anak ini akan mewakili Kabupaten Landak berlomba ditingkat Provinsi pada bulan April 2019.

OSN adalah kegiatan Kemdikbud tahunan yang memotivasi dan menumbuhkembangkan atmosfir cinta pelajaran sains dan kompetisi dari tingkat sekolah, kabupaten, provinsi, hingga nasional. OSN SMP mendorong pihak-pihak yang berwewenang untuk memberikan ruang belajar, memfasilitasi dan menstimulus siswa dan guru yang berprestasi dan memiliki bakat minat pada sains agar dapat meningkatkan kemampuan akademisnya. Tahun ini OSN dilaksanakan dengan tema “mengembangkan kemampuan “4K” kritis, kreatif, kolaboratif dan komunikatif siswa melalui sains”. Hasil yang diharapkan yaitu terjadi peningkatan minat dan prestasi peserta didik dalam bidang sains, serta teridentifikasinya peserta didik terbaik yang mampu berprestasi pada lomba tingkat nasional dan internasional.

SMP Kristen Makedonia selalu memberikan target juara bagi peserta didik yang mewakili sekolah baik ditingkat kabupaten, provinsi, maupun nasional. Prestasi sebagai juara 1 tingkat kabupaten merupakan langkah awal untuk berprestasi ditingkat yang lebih tinggi. “Man Jadda WaJada” ‘barangsiapa bersungguh-sungguh pasti akan mendapatkan hasil” kiranya bisa terus memotivasi anak-anak dalam persiapan menghadapi OSN tingkat provinsi pada bulan April. Firman Tuhan berkata “Apapun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia. Kamu tahu, bahwa dari Tuhanlah kamu akan menerima bagian yang ditentukan bagimu sebagai upah. Kristus adalah tuan dan kamu hamba-Nya” (Kolose 3:23-24). Kita sudah dijanjikan hasil dari kerja keras kita. Namun, Tuhan mau mengingatkan kita bahwa kita harus bekerja keras seakan-akan kita melakukannya untuk Tuhan, bukan untuk manusia. Belajar lebih keras dan selalu mengandalkan Tuhan merupakan hal utama yang harus dilakukan setiap siswa agar Tuhan memberikan keberhasilan menurut kehendak-Nya.

Man Jadda WaJada, selamat mempersiapkan diri untuk mengikuti kompetisi ditingkat provinsi terkhusus untuk anak kami Yordanus Aldi dan Efraim Daniel, dan selamat mempersiapkan anak-anak dengan baik terkhusus untuk guru pendamping bu Kezia Worter dan bu Merrysna Nadeak. “do your best and let God do the rest”. Tuhan Yesus menyertai.

~John Wesly, S.Pd.,B.Sc~

Kepala SMP Kristen Makedonia

Lihat juga

Komentar


Group

Top