Perjusami Pramuka 19-21 September 2014

Penulis : Perjusami Pramuka September | Tue, 14 October 2014 - 10:08 | Dilihat : 871
Tags : Pramuka
ok-1.jpg

Salam Pramuka!!!

Perkemahan adalah kegiatan outdoor yang ditunggu-tunggu oleh keluarga besar penggalang pramuka Gudep 01159-01160 Panglima Sidong Pangkalan SMPK Makedonia. Melalui  kegiatan ini segala materi akan dipraktikkan dan diujikan untuk memenuhi SKU (Syarat Kecakapan Umum) ataupun TKK (Tanda Kecakapan Khusus).

Perjusami kali ini memiliki agenda Pelantikan Setangan Leher dan penyambutan penggalang baru kelas 7 di lingkungan SMPK MAkedonia. Mereka terbagi menjadi 6 regu untuk putra dan 5 regu untuk puteri. Sebagai Pratama dan Pratami yang dipilih tahun ini adalah Gerson dan Hanna kelas 8.

Mengambil tema “PEDULI” maka segenap penggalang diharapkan bisa menumbuhkan sikap peduli nya lebih dalam lagi dimulai dengan kegiatan ini. Dibuka melalui upacara bendera ditengah terik matahari pukul 1 siang oleh Kamabigus Kak Irmawan, setiap penggalang segera menempati tenda dan membersihkan area perkemahan yang dipersiapkan 5 hari sebelumnya. Materi pokok yang dipelajari dan diujikan di perkemahan ini adalah P3K oleh Kak Ruth, Pengamatan oleh kak Hanna dan Peta Topografi oleh Kak Hendro. Kegiatan keluar area SKM antara lain hiking ke air terjun Batu’ (berjarak 8 km pergi pulang) yang ditandai dengan makan siang ditempat tersebut dan dimaknai dengan saling memberi bekal satu sama lain sebagai perwujudan peduli sesama, serta membawa sampah plastic di area air terjun dan dibuang ke TPA SKM sebagai perwujudan peduli lingkungan. Malam harinya diisi kegiatan api unggun serta kebersamaan dengan seluruh kakak dewan guru di tengah perapian yang hangat. 8 calon bantara kelas 10 memulai pengabdian mereka dengan antusias terlebih pada acara jurit malam yang diakhiri dengan pelantikan pada pukul 4 pagi. Beberapa penggalang yang lulus ujian tertulis berkesempatan mencoba menguji adrenalin dengan Flying Fox yang semakin memiliki tingkat safety yang baik dari tahun ke tahun. Semoga komitmen “Peduli” terus menjadi soft skill para Penggalang untuk mengarungi petualangan dikehidupan yang lebih nyata. Salam Pramuka!!! (Hendro NBC)

Lihat juga

jQuery Slider

Komentar

Top