Pendidikan, Jembatan Penuh Makna

Penulis : mika | Thu, 5 February 2015 - 10:31 | Dilihat : 593

Pendidikan seharusnya membawa perubahan, pendidikan seharusnya menunjukkan peningkatan yang stabil dan signifikan, pendidikan seharusnya memberikan dampak yang nyata.

 

Tidak bisa dipungkiri bahwa tuntutan kehidupan semakin lama semakin bertambah berat dalam setiap aspek penunjang kehidupan tersebut. Meskipun berbeda-beda, manusia tidak bisa mengabaikan tuntutan-tuntutan tersebut lantas berharap memiliki kualitas kehidupan yang maksimal. Bahkan dalam upaya memenuhi kualitas hidup yang sesuai dengan harapan, akan tetap ada kendala-kendala yang menurunkan tingkat kesempurnaan keberhasilan manusia dalam memenuhi tuntutan hidup tersebut. Maka selain berjuang memenuhi target yang sudah ditetapkan, manusia juga perlu mempersiapkan diri untuk menerima kegagalan-kegagalan yang terjadi dan merancangkan jalan lain untuk mencapai kualitas hidup yang diinginkan tersebut.

Maka dari itu, mengalami dan mendapatkan pendidikan yang berkualitas lahir sebagai  langkah terbaik yang dipercayai mampu membantu manusia memenuhi setiap tuntutan hidup. Lalu, bagaimana cara memberikan penilaian terhadap pendidikan mana yang mempunyai kualitas sesuai dengan kebutuhan tuntutan hidup masing-masing orang? Apakah dipandang dari tenaga pendidik yang professional disertai fasilitas-fasilitas belajar yang serba modern sehingga menjadi sebuah paket komplit dengan harga menjulang yang harus dikeluarkan untuk mendapatkan pendidikan berkualitas? Tentu saja iya, bahkan masih banyak faktor lain yang mempengaruhi penilaian terhadap sebuah pendidikan yang berkualitas. Karakteristik manusia yang didik juga sangat mempengaruhi kualitas sebuah pendidikan, tidak hanya berbicara tentang kemampuan belajar tetapi juga keinganan peserta didik yang akan diwujudnyatakan dalam usaha-usaha yang dilakukan dalam proses pendidikan ini. Selain itu tenaga pendidik yang professional, yang tidak hanya mengandalkan pengetahuan dan keterampilan akan tetapi juga pengalaman hidup dan keberanian untuk selalu mencoba dan melakukan hal yang baru sehingga hasil belajar yang ditunjukkan juga terus menerus berinovasi dan berkembang akan menjadi sebuah penunjang kuat dalam proses pendidikan yang berkualitas. Fasilitas-fasilitas belajar tidak hanya terpaku pada apa yang akan terjadi kedepan tetapi juga mampu memfasilitasi peserta didik mampu mengenal, mampu bertahan, menemukan solusi bahkan berkembang dalam kehidupan disegala jaman. Bukan hanya jaman yang sebentar lagi akan datang tetapi juga jaman yang sudah lewat dan jaman yang tidak akan berhenti perkembanganya. Itu semua harus dibayar dengan harga menjulang, yaitu tenaga yang mau terkuras, pikiran yang tidak berhenti berkreasi, waktu yang rela diberikan dan semangat yang tidak pernah padam akan menjadi harga mahal yang pada kenyataannya tidak semua peserta proses pendidikan bersedia membayarnya.  

Tetapi melingkupi itu semua, yang terpenting didalam proses pendidikan yang berkualitas akan selalu ada ketiga indikator berikut ini yaitu sebuah peningkatan, perubahan, dan dampak nyata, tidak hanya dialami oleh pihak yang sedang menjalani proses pendidikan, tetapi juga lingkungan sekitar kehidupannya ikut menjadi bagian dari ketiga indikator pendidikan tersebut. Peningkatan, berfokus pada adanya proses bertambah dengan kadar yang tidak menentu tetapi terus menerus ada dalam berbagai bentuk, misalnya ketika seseorang melakukan percobaan yang gagal, peningkatan yang dialami adalah dia mengerti bahwa dia sedang gagal dan langkah apa saja yang dia lakukan yang menjadi faktor penyebab kegagalan itu terjadi, daripada ia tidak pernah mencoba sama sekali. Perubahan, mengarah kepada semua aspek kehidupan mulai dari sifat, respon, cara berpikir, bahkan pola pendidikan. Misalnya, ketika dia mengerti bahwa ia sedang gagal serta langkah-langkah apa yang menjadi penyebab dari kegagalannya tersebut, suatu ketika, tidak serta merta terjadi meskipun tidak menuntup kemungkinan bisa langsung terjadi juga, ia akan bangkit dari kegagalan tersbut artinya ada sifat hidup yang ia ubah. Menjadi lebih semangat, artinya ia memberikan respon yang positif. Memikirkan solusi dan berusaha mencoba langkah yang berbeda, berarti ia sedang mengubah pola pikirnya dalam mencapai sebuah keberhasilan, dan mencari sumber-sumber terpercaya yang dapat membantunya menemukan kunci keberhasilan percobaannya, berarti ia mengubah pola pendidikan yang sebelumnya ia jalani. Secara otomatis, peningkatan dan perubahan yang dialaminya akan menunjukkan dampak nyata dan memberikan makna mendalam baginya dan lingkungan hidup sekitarnya.

Meskipun terlalu ideal untuk dilaksanakan, pendidikan yang demikian bukan tidak mungkin untuk didapatkan. Semua itu bisa tercapai dengan adanya usaha dan kerja keras dari semua pihak pendukung proses pendidikan tersebut dengan satu tujuan menghasilkan buah-buah pendidikan yang berkualitas untuk menjalani kehidupan yang mempunyai kualitas hidup yang tinggi juga, serta terjaga kesempurnaannya.

 

 

 

 

Komentar

Top