MENANTI PERTOLONGAN

Penulis : mika | Thu, 5 February 2015 - 10:42 | Dilihat : 638

 

Meningkatkan kualitas SDM dengan cara meningkatkan kualitas pendidikan adalah solusi tepat yang harus dilakukan agar anak-anak Tuhan lebih cerdas, bijak, dan memiliki solusi menghadapi persoalan hidupnya. Secara khusus adalah mereka yang berada di daerah Pedesaan, yaitu mereka yang selalu dimarginalkan. Untuk menolong mereka ini kita perlu melakukan langkah-langkah yang spesial. Sebab dengan cara yang biasa tidak mungkin dapat menjangkau mereka. Karena itu perlu melakukan cara-cara yang tidak biasa untuk menjangkau siswa di pedalaman. Salah satu langkah spesial yang kita lakukan adalah melalui jemput bola atau lebih dikenal dengan road show. Di dalam kegiatan ini kita melakukan bimbingan kepada siswa, untuk melakukan tes. Tes yang diberikan adalah tes akademis, psikotes, dan wawancara. Siswa yang lulus tes ditawarakan untuk sekolah ke Sekolah Kristen Makedonia, dengan sekolah ber-asrama.

Pada tanggal 8-23 November 2014, bulan lalu kami melakukan perjalanan road show di di Perkampungan, Pesisir dan Pedalaman Provinsi Jaya Pura. Disana kami menemukan banyak anak-anak usia sekolah yang berkeliaran tidak bersekolah, banyak rumah sekolah tetapi tidak ada guru, yang paling lucu dan sekaligus menyedihkan adalah banyak diantara siswa SMA yang belum lancar membaca dan berhitung. Tidak hanya di Papua di daerah lainpun untuk hal yang sama masih sering kita temukan. Antaranya di Kalimantan Barat, secara khusu adalah daerah perbatasan Indonesia dan Malaysia. Ada banyak perkampuangan yang belum memiliki rumah sekolah, atau ada rumah sekolah namun terbenkalai karena tidak ada guru, sehingga banyak masyarakat yang pindah kewarganegaraan hanya supaya anak-anak mereka dapat diterima sekolah di Malaysia.

Sebagai warga yang baik, maka kita harus menolong mereka, kita harus membantu mereka menemukan cita-citanya melalui tindakan nyata, guna memberi harapan, dan membantu mereka untuk mencapai masa depan yang lebih baik. Kita sudah bosan mendengan teori perubahan yang indah dari para pejabat, dari Dewan Perwakilan Rakyat, dari Para Ilmuan, dan semua mereka yang enggan melepaskan jas dan dasinya untuk turun kelapangan. Sebab mereka yang demikian hanya memberi perubahan dalam kata-kata saja, bukan peruhan yang nyata yang mengubah keadaan.

Perayaan Natal Desember ini, merupakan moment yang tepat untuk kita merenung kembali bagai mana kita terlibat langsung mengambil bagian dalam misi pemberitaan Injil melalui pelayanan Pendidikan. Banyak sekali anak-anak yang menantikan pertolongan dari kita. Mari kita bersama membantu mereka untuk berjuang menerima pendidikan yang layak. Oleh : Yeremia

 

Komentar

Top